Arti dari Karangan Bunga Fred Perry

By November 06, 2015 ,


Allow ... jumpa lagi dengan saya, Arie Fabian didalam tulisan yang saya posting di Blog saya. Begitu minggu kemarin bertandang ke Ambasador Mall dibilangan Jakarta, saya melihat sebuah brand yang meledak, yaitu Fred Perry. Ditambah lagi sekarang Brand ini tidak hanya bermain di sisi Fashion saja, sekarang saya melihat brand ini merambah kesisi sepatu dan tas. Entah apakah memang benar ini barang berlabel Fred Perry atau memang ada di Indonesia doang Brand Sepatu Fred Perry. 

Lalu apakah Fred Perry itu sendiri ?
(Sebuah Brand murnikah ? )

Setelah saya berjalan - jalan didunia maya sekitar 5 jam pencaharian (Karena penasaran), akhirnya saya dapat menyimpulkan perjalanan Brand ini. Basicly saya memang suka mempelajari perjalanan sebuah Brand, karena itu bisa menjadikan satu pelajaran berharga buat saya dan client saya nantinya. 

Ternyata Fred Perry itu adalah nama seorang atlit. Dia adalah seorang Atlit Tenis dan tenis meja berasal dari Inggris. Karena banyaknya prestasi yang diraih sehingga menjadi satu inspirasi bagi pemilik Clothing pada masa itu. Berawal dari membuat kemeja polo shirt dengan memberikan kelebihan , memberikan karet bagian lengannya, maka baju itu dikemas dengan label fred perry.

Label Fashion ini berlatar belakang subkultur yang sangat kuat di Negeri asalnya hingga mewabah hampir kebelahan dunia. Fungsi diciptakannya karet pada bagian lengan ini agar dimaksudkan keringat yang mengalir dari atas tidak turun kebagian lengan bawah. Dan saat itu penemuan ini dianggap satu inovasi dalam pembuatan kostum olahraga tenis. 

Belum lama ini mereka (brand Fred Perry) merayakan ulang tahunnya ke 60 tahun, wow jadi terkesan heritage bukan ? 

Di Jakarta, SCBD pun ikut mengadakan event untuk merayakan ulang tahun dari Brand bernama Fred Perry itu. 



Lalu apa hubungannya antara Fred Perry dengan karangan bunga Laurel ? 

Setelah kita mengetahui asal usul dari Brand ini, maka saya lanjut untuk mencari tahu dari lambang logo itu sendiri. Kalau saya menebak, logo yang menggunakan unsur Semiotika berlambang padi tersebut mengingatkan kita pada lambang - lambang yang ada di Indonesia pada tahun 1950 an. Dimana kita selalu menggunakan unsur Padi dan kapas, pohon beringin, dll. 

Ternyata symbol dari logo fred Perry tersebut diambil dari karangan bunga Laurel. 


Karangan bunga ini alkisah dibuat dari daun Cheryl laurel, makanya selalu disebut dengan karangan bunga laurel. Pada mitologi Yunani kuno karangan bunga ini dipakai oleh Apolo, yaitu dewa matahari dan cahaya. 


Pada jaman Yunani kuno dahulu, jika ada perlombaan pada Olimpiade maka sang pemenang dari Olimpiade akan diberikan karangan bunga ini. Sedangkan di Roma, Symbol karangan bunga Laurel ini diberikan kepada Komandan Perang yang sukses, atau sering juga disebut - sebut lambang kemenangan diri. 

Jadi secara umum idomatic penggunaan symbol ini adalah mengacu kepada kemenangan diri. Jadi Symbol yang terdapat pada Brand Fred Perry kurang lebihnya mempunyai filosofi "kemenangan". 

Sekarang Brand ini sudah dibeli oleh perusahaan Jepang ini melesat di Asia. Jika kita berjalan dipusat perbelanjaan di Jakarta, maka Anda akan banyak menemui kemenangan - kemenangan yang ditawarkan dari store - store mereka. 



Salam Kreatif,
Arie fabian -

You Might Also Like

0 comments