Arti dari Lambang Nike

By November 22, 2015 ,


Nike, ada yang mengetahui berasal darimanakah kata tersebut. Jika kita mengingat akan bersejarahnya Perusahaan yang satu ini maka kita bisa pastikan symbol dari logonya merupakan bagian dari sejarah. 

Saya menyimpulkan akhirnya, jika logo tersebut telah ada lebih dari 30 tahun yang lalu, hampir bisa dipastikan cerita dari logo tersebut pasti seru. Karena pasti berhubungan dengan dewa, dewi, mitos, kepercayaan,dll.

Sekarang kita lihat apa yang terjadi pada logo Nike ini sendiri. Kata Nike berasal dari dewi Yunani (tuh kan bener, apa saya bilang, pasti deh) yang bernama Dewi Nike. Ini merupakan Mitologi Yunani kuno dimana Dewi Nike ini selalu dikaitkan dengan kemenangan dan keberhasilan. 

Jika kita tanyakan kepada bangsa Romawi Dewi Nike ini disamakan dengan Dewi Voctoria. Dewi Nike selalu digambarkan bersayap, sama halnya dengan gambar yang saya pajang diatas. Dewi Nike ini berteman dekat dengan Dewi Athena (kenapa saya selalu ingat saint seiya yah, kalau nyebut athena). 

Dari mitologi Yunani inilah nama Nike dibuat. Berlandaskan dari kata kemenangannya maka Nike ingin memenangkan sebuah kompetisi sesuai dengan semangat kemenangan dari Dewi Nike. Nama Nike ini didaftarkan sebagai merk dagang pada tahun 1970. 



Lalu Symbol centang yang digunakan oleh Nike ini sebenarnya bukan seperti dugaan kita. Ini bukan centang yang seperti yang kita kira melainkan ini sebuah symbol sayap sesuai dengan sayap Dewi Nike. Lihatlah pada gambar diatas dan samakan dengan posisi centangnya symbol Nike, samakan ? 

Logo Nike ini dinamakan dengan Swosh. Nike "Swosh" sebuah desain yang diciptakan pada tahun 1971. Pembuatnya bernama Carolyn Davidson, seorang mahasiswi desain grafis di Portland State University. Symbol ini didaftarkan pada merk dagang pada tahun 1995 (wah ternyata belum lama yah). 

Melalui semangat kemenangan ini Nike berhasil memiliki kerjasama dengan berbagai klub bola dikalangan dunia. Dan bukan hanya pada olahraga bola saja kita kenal Nike, melalui Basket, Tenis, dll pun kita mengenal Dewi Nike ini. 

Ini bukan semata-mata kepercayaan dari mitologi Yunani yang membuat sebuah perusahaan sekelas Nike ini menjadi maju. Melainkan ini merupakan hasil kerja keras mereka membangun sebuah citra dan produk yang baik untuk memajukan dari kualitas si Nike itu sendiri. 

Bukan satu proses yang sebentar mereka membangun kerajaan sepatu seantero Jagad. Namun lihatlah perjalanan mereka yang telah dilakukan dibeberapa dekade belakangan ini. Symbol, mitos Yunani merupakan landasan semangat untuk berjuang yang dibangun oleh Nike, tapi selebihnya saya yakin pasti itu hasil dari kerja keras. 

Maka selain bekerja keras maka landasannya memang harus dibuat bernyawa, sehingga dapat memberikan sebuah rasa yang turun temurun dalam proses membangunnya. 






Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments