Branding Warteg, Entrostop

By November 30, 2015 , ,


Cakep yah, (gagal fokus), ha ha ha ha ... bukan itu yang pengen gue ceritain sih sebenarnya. Cuma kebetulan aja pas banget gambar wartegnya. Gue sih mau cerita tentang Branding Warteg yang gue kerjain untuk Entrostop. 

Divisi Strategi Aktivasi Brand Uero waktu itu masih digawangi oleh mas Komet menelpon gue untuk meng-eksekusi branding untuk warteg. Gue langsung tanya, ini buat brand apa ?  dan dia pun menjawab Entrostop. 

Aneh ? yo iya lah, kalau sama orang strategi memang harus eksentrik. Masalah yang dimiliki adalah, banyak yang warteg yang nolak karena ini terkait dengan obat untuk diare. Warteg nanti keberatan kalau dibranding oleh produk ini karena mereka takut konsumennya tersugesti mules kalau makan di warteg dia. 

Yo wes, gue sikatlah dan sanggupi. Gue Brakedown budget mulai dari survei warteg sampai dengan eksekusinya. Dimana pada saat itu mas komet meminta gue untuk membuatkan sebagai yang kita isi pada warteg tersebut adalah : 

1. Papan nama 
2. Taplak meja 
3. Tempat Tisu 
4. Sticker Box untuk bawah warteg
5. Gelas 
6. Mengecat temboknya menjadi warna orange
7. Tempat tisu 

Dan gue juga minta untuk biaya kompensasi dari warteg yang ingin dibranding. Waktu itu gue langsung survei sesuai dengan permintaannya mas komet untuk lokasinya, yatu Jakarta Selatan. 

Gue langsung mengerahkan beberapa team untuk survei didaerah yang diinginkan oleh client. Mas komet meminta 2 warteg yang akan dibranding. Tapi gue meminta kepada team dapatkan 10 warteg yang mau dibranding untuk daerah Jakarta Selatan. 

Akhinya setelah 2 hari, gue sama team brief setelah survei. Gue mendapatkan 8 warteg yang sedia untuk dibranding dengan komopensasi biaya 2 Juta untuk 6 bulan. Karena memang permintaan dari mas komet adalah hanya 6 bulan. 

Gue buatkan dokumentasi survei dan peta lokasi 8 warteg yang sedia untuk dibranding. Dari 8 warteg tersebut dipilihlah warteg dibilangan Petukangan Selatan, lalu warteg yang berada didepan gandaria. 

Projek ini gue kerjakan sekitar 3 tahun yang lalu kurang lebihnya. 2 Warteg itu disetujui oleh Kalbe untuk kita segera mengeksekusi. Waktu pengerjaannya menghabiskan 7 hari kerja. Untuk hasil kerja Anda bisa melihat gambar dibawah ini : 

Warteg Branding

Warteg Branding

Warteg Branding

Warteg Branding

Warteg Branding

Warteg Branding

Warteg Branding

Warteg Branding

Warteg Branding

Warteg Branding

Kalau menurut gue sih, semuanya hanya tergantung kepada metode pendekatannya saja. Kalau metode pendekatannya "pas" gue yakin banget pasti semua warteg mau. Beberapa kendala memang banyak yang team gue hadapi, mulai dari gak mau, uang kompensasinya kekecilan, sampai dengan minta brand yang lain saja.

Dan banyak yang bilang, kalau produknya itu rokok mereka rata-rata mau dibranding. Karena memang yang pasti kalau rokok pasti bisa lebih besar budget yang dikeluarkannya untuk kompensasi dari warteg ini. 

Cuma gue bisa bilang, apa yang yang ditakutkan oleh mas komet tidak terbukti. Toh gue mengajukan 8 warteg juga sebenarnya. Dari 14 warteg yang ktia datangi 8 warteg yang mau dibranding oleh Entrostop ini.




Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

4 comments

  1. Eh iya sih emang cakep itu mbak-nya.... hahahaha :D

    ReplyDelete
  2. mbak-mbak yang pake baju bunga-bunga, jualan di warteg sebelah mana, bro? wakakakak

    ReplyDelete
  3. Nah itu dia bro, gw juga masih tahap pencarian nih ....

    ReplyDelete