Buku Tahunan SMP Nurul Fikri

By November 29, 2015 ,


Suatu ketika gue ditelp oleh kawan istri gue di Bea Cukai untuk bisa datang menemui beliau dikantornya. 

Gue datangilah beliau kekantornya, kebetulan satu kantor sama isteri gue kan, jadi yah bisa sekalian jemput deh ceritanya. Ternyata setelah ngobrol, ternyata beliau ingin dibuatkan buku tahunan untuk anaknya yang bersekolah di Nurul Fikri, anyer, Banten ini. 

Sebuah boarding School yang terletak di Banten ini belum lama meminta Pak Ardani ini untuk mendiskusikan tentang buku tahunan anaknya yang akan segera lulus dari sekolah tersebut. Lalu beliau yang mengambil foto-foto dari kawan anak-anaknya. Jadi setelah beliau foto, beliau meminta gue untuk dibuatkan layout dan produksi untuk bukunya. 

Gue sempet diskusi tentang model dari buku tersebut. Beliau menginginkan model hard cover dan didalamnya menggunakan art papper 150 gr. Setelah semua keinginannya gue tangkap, maka gue minta satu hari untuk menghitung dalam kondisi tenang. Jujur aja, agak ribet kalau menghitung buku, karena harus tahu dulu ukuran, bahan, banyaknya halaman, finishing, dan banyak lagi variabelnya. 

Keesokan harinya gue mengajukan harga untuk buku tersebut, tanpa beliau tawar langsung bilang oke, gue demen niy yang begini. Oke, berhubung waktunya juga tidak terlalu banyak, maka hari itu pun gue minta materinya dikirimkan lewat email. 

Tapi apa boleh buat, karena materinya buanyaaaaaak banget foto-fotonya, maka gue sekali lagi harus mampir ke Bea Cukai untuk mengambil materi untuk buku tersebut. Setelah gue ambil, maka gue tanyakan juga, desain nanti yang approval siapa, beliau bilang langsung ke anaknya saja. Oke. 

Langsung gue mintain nomer anaknya dan alamat email anaknya untuk tek tok-an biar gampang. Malam harinya, gue langsung coba whats app anaknya dan menanyakan harapannya seperti apa desain yang mereka inginkan. Dijelaskan panjang lebar, maka gue sudah tangkap maksudnya. Gue minta waktu 3 hari untuk membuat 2 konsep desain dan segera gue akan kirim ke email dia. 

Dua desain akhirnya gue kirim, sang anaknya akhirnya memilih satu dari dua desain yang gue ajuin. Oke, karena designnya sudah di approval untuk struktur awal, sekarang saatnya gue masukkan foto-fotonya. Desain  kurang lebih seperti gambar dibawah ini : 





Untuk cewek gue berikan warna turunan dari merah, sedangkan cowok gue kasih warna turunan dari biru. Pengerjaan layout memakan waktu 7 hari. Dan diakhir sebelum cetak, gue tetep minta untuk anaknya bisa ketemuan sama gue. Karena gue butuh approval di dummy yang akan gue buat terlebih dahulu, baru setelah itu gue baru berani naikin cetak. 

Gue minta dia memeriksa nama dengan fotonya sudah oke semua apa belum, ejaan nama ada yang salah apa tidak, dan perihal lainnya. Gue sama sang anak akhirnya ketemuan di pondok Indah, ck ck ck, tempat yang dipilih anaknya gaul man. Padahal masih SMP ini, he he he he ... bercanda. 

Bertemu sekitar 2 jam, akhirnya dummy gue disetujui oleh dia dengan beberapa revisi. Tetep gue mintain tanda tangan dia, mau kecil mau gede, prosedur tetap prosedur, akhirnya gue pulang dan segera revisi agar bisa naik cetak. 

Sekarang sudah langsung pada cerita produksinya, gue serahkan ke percetakan om gue untuk segera mengeksekusinya. Untuk produksinya sendiri memakan waktu 5 hari kerja untuk mengerjakan 280 buku. 





Jadi deh akhirnya tuh buku, penyerahan buku ini gue berikan lagi-lagi ke Bea Cukai dan gue serahkan ke Bapak Ardani. 



Dan gue diceritain proses beliau memoto anak-anak tersebut. Seru juga ceritanya, karena beliau sebenarnya kesana tadinya hanya ingin menjemput anaknya, eh malah diminta foto-foto untuk kebutuhan buku tahunan anaknya tersebut. 

Makasih udah dipercaya ke gue yah Pak Ardani. 





Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments