Desain Untuk Warung Bakso

By November 01, 2015 ,


Sebuah foto yang dibuat untuk komposisi desain haruslah dengan syarat bisa berkomunikasi kepada Audiens. Dimana itu setidaknya adalah hal yang pertama kali gue fikirkan didalam membuat satu komposisi gambar. 

Kali ini seorang pimpinan disebuah Perusahaan meminta saya untuk dibuatkan signage untuk usaha pribadinya. Lucu juga sih, ketika saya diceritakan sama beliau. Jadi Beliau itu ceritanya tidak sengaja memiliki usaha ini. Dimana saat itu beliau dimintai tolong oleh seseorang yang sedang kesulitan keuangan untuk membantu usaha warung bakso ini. Dan akhirnya beliau minatlah bekerja sama dengan orang ini, karena dalam pemikiran beliau ingin membantu. 

Sampai sekarang orang tersebut sudah meninggal dan kini beliau meneruskan usaha warung bakso itu. Warung itu ada dibilangan Karang Tengah, Cinere. Lalu beliau meminta tolong ke gue untuk dibuatkan sebuah Signage untuk menggantikan signage yang lama yang sudah tidak

Wujud Signage lama
Dan akhirnya briefing-lah gue ditempat warungnya dengan ownernya langsung. Lalu gue diminta mengambil gambar (foto) untuk diletakkan pada signage-nya dia. Jadi yang beliau minta adalah :
  • Mengadakan pengambilan gambar (fotografi) 
  • Membuatkan komposisi visual 
  • Membuatkan perencanaan untuk bentuk dan konstruksi Signage 
  • Melakukan eksekusinya
Dan akhirnya saya eksekusi satu persatu mulai dari perencanaan pengambilan gambar.

Hasil pengambilan Foto Landscape
Hasil pengambilan Foto Landscape
Pengambilan gambar potrait

Gue rasa sih mengambil 4 gambar saja sudah cukup, mengingat kebutuhannya hanya untuk visual signage saja. lalu mulailah gue buat perencanaan untuk materi signage-nya. Beliau membutuhkan symbol baru untuk warung-nya.

Maka dari itu gue mencoba membuatkan sebuah symbol yang simple untuk diletakkan menjadi materi visual signage-nya.








Perencanaan yang disetujui adalah yang potrait, dan akhirnya gue membuat RAB untuk produksi dari signage-nya. Setelah perencanaan biaya untuk produksi selesai dibuat dan disetujui, sekarang tinggal proses produksinya. Gue kali ini gak mungkin sendiri, sudah pasti dibantu oleh tim gue di Fabian Studio.

Produksi Signage
Produksi Signage
Produksi Signage
Produksi Signage
Produksi Signage
Produksi Signage
Produksi Signage
Produksi Signage
Produksi Signage
Produksi Signage
Materi Visual yang disetujui

Waktu yang dibutuhkan sekitar 30 hari kerja, mulai dari proses perencanaan sampai dengan eksekusinya. Biaya yang dikeluarkan untuk : Pembuatan perencanaan, Biaya pembuatan Visual, biaya produksinya.

Buat Anda yang ingin membuat materi signage untuk usaha Anda, bisa langsung hubungi gue aja atau studio gue.



Salam Kreatif,
Arie Fabian -

You Might Also Like

0 comments