Evolusi Gambar Pada Uang Rupiah

By November 22, 2015 ,


Sejarah yang tercatat dalam wikipedi tentang rupiah untuk mata uang Indonesia berasal dari kata Rupee mata Uang India. Kita bisa membaca lebih lengkapnya pada wikipedia.

Bila kita surfing di internet, maka kita bisa melihat beberapa versi dari sejarah Rupiah ini. Yang sangat disayangkan didalam Official website Bank Indonesia ini tidak dimuat dan diceritakan bagaimana sejarah dari rupiah itu sendiri.  Jadi sekarang terlepas dari sejarahnya, maka saya ingin memperlihatkan beberapa evolusi gambar yang ada pada mata uang kita ini.




Pecahan pertama yang kita kenal pada saat itu adalah pecahan 1 sen. Dimana pecahan itu dapat kita lihat gambar diatas. Menggunakan gambar yang sederhana dengan Petani sebagai icon yang digunakan untuk pecahan uang ini. 



Jauh dari sebelum ada 1 sen dinegara ini, kita telah mengenal mata uang Gulden dari Belanda yang digunakan sebagai alat pembayaran pada saat masa penjajahan Belanda pada saat itu. Gulden memiliki gambar seperti dibawah ini. 

Selanjutnya kita akan melihat beberapa gambar para pejuang Negara ini menjadi simbol dari uang untuk dijadikan alat pembayaran yang sah.

Selain para pahlawan Negeri ini, gambaran kebudayaan pada bangsa Indonesia turut menghiasi sebagai gambar yang diletakkan diuang rupiah kita ini. 





Dari beberapa gambar yang diletakkan pada uang kita, saya sangat yakin bahwa kreatifitas seni gambar di Indonesia memang sudah sangatlah baik sekali. Karena jika kita melihat layout dari awalpun kita sudah bisa melihat beberapa paduan gambar mulai dari ornament sampai dengan peletakkan tokoh memang sudah sangat baik pada masanya. 
Bahkan jika kita melihat kembali, beberapa gambar pada perkembangan rupiah ini sangat menggambarkan pada masanya kala itu. 



















Dan kita akan melihat perbedaan yang terjadi pada beberapa tahun kebelakang gambar rupiah yang mungkin sudah kita lihat. 







Hasil yang semakin membaik ini memang ditandai oleh kemajuan dari teknologi mesin cetak yang digunakan untuk Uang itu sendiri. Itu berguna untuk menghindari penggandaan dari pihak - pihak yang tidak berwenang selain dari Peruri (sebuah perusahaan percetakan Uang negara).
Semakin kesini, maka tampilan maupun teknologi yang dibuat untuk sebuah alat pembayaran ini memang semakin canggih. Dengan menyertakan teknologi hologram, benang yang terdapat didalam uang ini, dsb.

Namun terlepas dari kecanggihan teknologi tadi, saya tetap menyimpulkan, bahwa kita memang pada dasarnya memang memiliki seni dan budaya yang cukup luas. Yang selalu digambarkan dinamis pada alat pembayaran kita. Disini kita bukan hanya merasakan value dari angka dan nominal saja, akan tetapi gambar yang diletakkan pada uang ini, membawa kita kepada suasana masa sebelum kita dilahirkan. 
Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments