Jenis Sticker, Bahan dan Impelementasinya

By November 06, 2015 ,

Cutting Sticker

Mengukir kaca tempat Anda bekerja atau rumah Anda terkadang bisa dijadikan satu identitas untuk kantor maupun tempat Anda tinggal. Dimana itu akan membangun sebuah suasana sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kita lihat contoh kasusnya seperti dibawah ini, pada gedung kementrian Pariwisata. Dimana mereka membranding kaca luar gedung mereka dengan menggunakan sticker.

Cutting Sticker
Branding Kaca

Untuk Sticker yang digunakan untuk branding kaca itu sendiri terdapat banyak bahan yang digunakan, diantaranya : 

1. Sticker Sunblass 
2. Sticker Oneway 
3. Sticker Transparan 
3. Sticker Vynil 
4. Cutting Sticker (3M, Oracle, dll) 

Jenis pengerjaan produksi untuk masing-masing bahan pun berbeda-beda, ada yang diprinting dan ada juga yang di cutting. Bahkan pada saat sekarang ini sudah sangat memungkinkan untuk printing dan cutting secara otomatis dalam satu mesin. 

Untuk bahan yang diprinting biasanya menggunakan oneway vision, Sticker Transparan atau sticker vynil. Sedangkan untuk bahan 3M, Oracle dan Sunblass biasanya itu dibuat dengan menggunakan seni cutting. 

Contoh untuk cutting sticker itu seperti gambar dibawah ini : 

Cutting Sticker
Cutting Sticker
Cutting Sticker
Cutting Sticker
Selain berfungsi sebagai penutup dari ruangan tanpa harus menggunakan tirai, cuttingan kaca ini jika dikerjakan dengan perencanaan yang baik bisa menjadi bagian dari dekorasi ruangan yang cantik. Dengan sebuah perencanaan desain yang baik, maka ruangan tersebut akan memiliki satu nuansa sendiri yang dapat membangun mood dalam bekerja (jika itu untuk perkantoran). 

Selain cutting, ada model printing yang bisa dijadikan alternatif untuk pemasangan sticker kaca ini. Contohnya bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini : 

Sticker Oneway Vision
Sticker Oneway Vision
Sticker oneway vision ini memiliki kelebihan bisa dilihat dari satu arah, yaitu dari dalam keluar. Sedangkan dari luar tidak bisa melihat kedalam. Sticker ini biasanya diletakkan pada bagian luar ruangan (outdoor), karena memang biasanya diprinting dengan tinta outdoor juga. 

Sticker Transparan
Sticker Transparan
Sticker transparan ini biasa digunakan untuk dekorasi penguat interior jika memang dikerjakan dengan perencanaan yang pas. 

Sticker transparan
Sticker Transparan

Sedangkan jenis sticker Vynil, adalah sebuah sticker yang digunakan untuk kebutuhan outdoor juga, hampir sama dengan oneway vision. Malah terkadang, untuk aktifitas Branding Mobil, Sticker vynil dan oneway sering sekali dikombinasikan. 

Branding Sticker mobil
Branding Sticker mobil
Pada bagian body mobil biasanya menggunakan bahan Sticker Vynil sedangkan untuk kacanya biasanya menggunakan oneway vision sticker. Banyak pertanyaan kepada gue jika bicara tentang pajak untuk kegiatan mobil branding ini. 
Branding Sticker mobil
Branding Sticker mobil
Jika pertanyaannya, apakah branding mobil dengan menggunakan sticker ini dikenakan pajak ?, jawaban iya. Sticker mobil ini pasti dikenakan pajak iklan. Anda bisa mengkonsultasikan kebagian pajak untuk permasalahan biayanya. 

Saya selalu katakan, jika memang mau menjadi seorang kreatif, maka kita harus bisa melihat segala sesuatu dengan berbeda. Terkadang ide itu datang bisa melalui dari mempelajari sesuatu, gue salah satu orang yang senang mengekplorasi media untuk implementasi desain yang gue buat. 

Mulai dari media kertas, sticker sampai dengan luar ruang lainnya. Semuanya biasanya berawal dari melihat. Melihat, memperhatikan lalu coba membuat sesuatu hal yang baru dengan media yang baru. Salah satunya pada media sticker ini. 

Dan jujur, itu sangat menarik. Karena dari waktu ke waktu, media itu semakin canggih karena didukung oleh mesin cetak yang semakin canggih juga. Itu kenapa saya suka sekali dibidang desain dan implementasinya. Seru bro .... 



Salam Kreatif, 
Arie Fabian - 

You Might Also Like

0 comments