Saya & Menyelesaikan Masalah untuk Sebuah Acara

By November 10, 2015 , ,


Era digital ini memang membuat semuanya lebih mudah dalam hal untuk men-sukseskan sebuah event. Semua sudah bisa sent by email, semua sudah bisa tinggal e-bankink dan semua sudah tinggal semudah menjentikkan jari Anda. 

Namun dalam dunia pengelolaan sebuah acara, digital saja belum tentu cukup. Karena dalam dunia Event semuanya bisa terbilang secepat kilat dalam memenuhi kebutuhan untuk acara tersebut. Seperti contohnya saya masih didalam bagian dari team pengerjaan untuk acara Porseni BUMN 2015 ini, Head of Branding kadang minta ke gue jam 5 sore dan nanti malam jadi untuk dipasang. 

Buat gue itu bukan masalah besar. Karena jaringan gue banyak banget, mulai dari kalibaru, Senen, Benhill sampai dengan kebayoran. Mereka tinggal gue kasih konfirmasi, maka merekapun siap untuk mengerjakan pemasangan umbul-umbul ataupun material event yang lainnya. 

Gue tinggal mempertimbangkan dari gelanggang olahraga sumantri mana yang lebih dekat. Gue pakai orang produksian gue yang di Kalibaru.

Material Event
Event Porseni BUMN 2015

Mulai dari Backwall, umbul-umbul sampai dengan partisi untuk kebutuhan event dari Porseni BUMN 2015 ini. 

Entrance Gate
Entrance Gate untuk Porseni BUMN 2015
Nah seperti yang diatas, bila Anda melihat, Entrance gate itu dibuat sehari sebelum acara. Dimana malam mereka meminta perencanaan dan besok malamnya gue langsung kerahkan orang untuk loading. 

Gue buat dari perencanaan desain-nya sampai dengan produksi materialnya dan setup untuk pasang. Jadi semuanya bisa langsung on the spot. Jadi bisa lebih cepat dalam kinerja untuk memenuhi kebutuhan untuk event tersebut. 

Perencanaan Desain untuk Umbul-umbul event

Itulah yang membuat saya bisa terus bertahan untuk support dalam sebuah event. Client gue dari Agency selalu mendapatkan kemudahan untuk men-support event mereka. Gue selalu koordinasi dalam perilhal semua kebutuhan event. Dan selalu interaktif untuk mengingatkan beberapa material yang gue rasa itu bisa dibutuhkan untuk keperluan sebuah branding. 

Gue dan Mas Komet dari First Position Agency 

Dengan begitu, sebuah Agency gak usah banyak-banyak meng-alokasikan budget untuk meng-Hire orang produksi. Maka solusi yang saya tawarkan dapat mengefisiensikan budget event tersebut.

Karena menurut saya, jika memang sebuah Agency membuat sebuah perencanaan dengan tambahan man power untuk kebutuhan produksi akan jauh lebih mahal dibandingkan Agency tersebut meng-kontrak saya dan team (1 orang asisten) untuk dilibatkan didalam sebuah event tersebut. 

Khususnya untuk mengurusi permasalahan branding dan sekitar produksinya. Dan saya pun lebih nyaman demikian daripada saya harus bangun Perusahaan Event Organizer sendiri. 

Topi untuk Event
Event Porseni BUMN 2015

Untuk masalah pembayaran sendiri, ada beberapa vendor saya yang bisa di-termine ada juga memang yang harus bayar cash. Semuanya bisa dibicarakan mau seperti apa model pembayarannya. Untuk masalah percetakan kertas semua material ini bisa dilakukan pembayaran dengan model, downpayment dulu dan sisa pembayaran bisa 1 minggu. 

Dengan begitu buat Anda yang mendapatkan termine 3 kali pembayaran (Pre, Event dan Pos Event), vendor saya bisa mengamankan budget Event Organizer Anda. Karena gue tahu banget, dari dulu masalah perusahaan Event itu memang pembayaran dari client itu selalu termine 3 kali bayar. Sedangkan event sendiri harus berjalan sesuai dengan perencanaan. 

Spanduk Event
Spanduk Event Porseni BUMN 2015

Dan saya sangat ingin membuat semua Client saya Happy atas kerja dari tim saya baik dari sisi kreatif sampai dengan produksi dan implementasinya. Kalau client sudah Happy maka saya pun bisa tidur nyenyak setelah acara tersebut selesai.




Salam Kreatif, 
Arie Fabian- 

You Might Also Like

0 comments