Tips From Jerry Aurum At ON | OFF Event

By November 26, 2015 ,


Dikelas ini Sang Maestro Fotografi hanya lebih banyak menceritakan tentang pengalaman pertamanya hingga menjadi sukses. Selain itu dia pun memberikan beberapa tips yang dibagikan pada saat acara ON | OFF event kemarin di Epicentrum, Rasuna Said Kuningan. 

Sang Maestro fotografi ini merupakan salah satu kesukaan saya. Karya pertamanya diulas pada majalah Concept (saya lupa edisi dan tahun berapa) beberapa saat yang silam. Jerry hanya membicarakan tentang bagaimana memajang portofolio kita pada media online.



Dalam acara Class pada event ON | OFF ini dia memberikan tips memajang karya pada sebuah media online. Dimana dia memberitahukan bahwa pemajangan karya kita harus representasi dari hasil jepretan kita. Jangan membuat banyak katagori pada album kita. Jika kita menggunakan media online seperti website, disarankan jangan menggunakan flash media. 

Kenapa jangan menggunakan animasi flash ? 

Itu dikarenakan pada saat sekarang orang banyak membuka sebuah media online dari handphone mereka. Website static lah yang lebih disarankan agar lebih mudah dibuka pada lintas gadget. Selain itu juga, Jerry memberikan masukan sebuah tips yang sangat bagus sekali menurut saya. 

Jerry tidak jarang pula mengambil gambar menggunakan kamera ponselnya. Karena itu merupakan hal yang spontan kita dapat lebih mudah menemukan moment yang baik. Jika mengandalkan DSLR maka akan sangat repot menggunakannya. Gadget yang paling disukai sang Maestro ini merupakan Blackberry, yang ia bilang kameranya sudah lumayan cukup baik. Untuk serie nya melalui penglihatan saya dia menggunakan Blackberry serie Storm 3. 

Jerry Aurum ini termasuk orang yang tidak mudah berpaling dari gadget lainnya. Walaupun dia sangat mengerti bahwa gadget yang digunakan itu memiliki kecanggihan yang tidak lebih baik dari competitornya namun dia mengutamakan kenyamanannya (karena sudah terbiasa). 

Untuk permasalahan hasil, beliau memberikan tips itu semua tergantung kebutuhan. Jika memang kebutuhannya untuk media cetak maka dia menggunakan kamera DSLR nya. Namun jika gambar itu dipergunakan untuk media screen, portofolio yang akan dipajang pada website, maka dia lebih sering menggunakan Handphone. 

Menjadi Fotografer harus teliti dan banyak mengeksplor banyak hal. Jangan terpaut oleh satu jenis saja, yang dia (Jerry Aurum) bilang spesialis. Kita harus mengerti banyak hal tentang katagori yang kita ingin gunakan. Khususnya pada negara kedua dunia ini (Indonesia), kita disarankan untuk tidak menjadi spesialis satu katagori saja. 

Namun banyak pelajari hal yang lain, itu dikarenakan dapat memudahkan kita dalam membentuk kesukaan kita pada hal hal yang berbeda. 

Sesi kelas ini berlangsung selama 60 menit atau satu jam. Lumayan banyak materi yang diberikan olehnya. Dan sesi tanya jawabnya memberikan pengetahuan yang baru. Bahwa tidak semua hal yang harus dimulai menggunakan uang, dimana kreatif dapat menggantikan posisi uang untuk modal pertama kali anda menjadi wirausaha. 

Begitu kata beliau dalam sesi kelas pada acara ON | OFF tahun 2011 ini. 


Notes :
Saduran dari blog lama gue



Salam kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments