Tips Memilih Kamera Digital

By November 29, 2015 ,


Lagi Happening memang kegiatan foto-foto sekarang ini, dan ditambahkan lagi dengan banyaknya sosial media yang menyediakan untuk menyimpan foto-foto kita. Intagram dan Path adalah 2 jawara sosial media berbasis foto, membuat kita terkadang ingin melakukan kegiatan foto-foto dan upload ke 2 tempat itu.

Nah maka dari itu saya mencoba membagikan tips dalam membeli kamera digital, agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan apa saja yang harus diperhatikan dalam hal kita membeli kamera dslr ini. Sebelum membaca artikel dibawah anda bisa melihat artikel terdahulu sekilas tentang kamera. 

Hal apa saja yang harus diperhatikan jika kita ingin membeli kamera digital baik poket maupun Dslr, berikut saya kasih masukan :

1. Fungsi dan Kegunaan. 

Lihat kebutuhan yang akan kita gunakan, jika kebutuhannya hanya untuk mengabadikan moment kita dalam berjalan-jalan (traveling) saya menyarankan belilah kamera Poket. Pertimbangan membeli kamera poket adalah mudah ditenteng, mudah digunakan dan fleksibel. Ini berbeda dengan kamera Dslr yang notabene nya memerlukan tas khusus untuk membawanya. 

Masalah kualitas ? 

Kamera poket saat sekarang pun sudah canggih-canggih, bisa bertukar lensa dan melakukan hal yang diluar dari fungsinya. 

Tapi jika anda ingin eksploarsi lebih tentang kamera, belilah Dslr. Kamera Dslr memang digunakan untuk kegiatan berfotografi walaupun bisa dibawa untuk traveling. Kamera Dslr memerlukan perawatan khusus berbeda dengan kamera Digital Pocket. 


2. Megapixel

Hasil yang dikeluarkan oleh kamera pun harus kita pertimbangkan sebelum membeli kamera. Kita sering melihat sebuah eksposure kamera selalu berembel-embel dengan megapixelnya. 12 Mb, 18 Mb, lalu bagaimana cara memilihnya ? 

Untuk mencetak ukuran 6R pada foto kita, kamera yang dibutuhkan hanya 2 megapixel. Jika ingin besar lagi gunakan Megapixel yang lebih besar. Satuan ini memang mempengaruhi ukuran pada saat kita mencetaknya nanti. Semakin besar megapixelnya maka akan berdampak semakin mahal harga kameranya. 

Kalau kebutuhan Anda hanya untuk Foto Profile Facebook saja, menggunakna 2 Megapixel sudah cukup, he he he. Karena jika kita melihat sekarang, jarang foto yang dicetak melainkan foto itu hanya berakhir menghiasi Album di Facebook Anda saja. 


3. Battery dan Charge 

Batery dan Charger merupakan masalah sepele tapi kadang kita tidak memikirkannya pada saat membeli kamera. Akhirnya pada saat kita berjalan kesuatu tempat, bateri kita habis maka kita kesulitan menemukan toko yang menjual bateri, karena posisi kita ditengah hutan. 

Bateri merupakan hal yang patut kita pertimbangkan sebelum kita membeli kamera. Jika kita menggunakan bateri Lithium, maka sudah agak sedikit tenang karena kita bisa mencarger ulang batery tersebut. Namun jika kita mengunakan Batery jenis AA, maka disarankan untuk membeli batery yang bisa dicharger, walaupun lebih mahal namun ini bisa digunakan berkali-kali. 

Kita harus kembali lagi menyesuaikan kebutuhan, jika kita gunakan untuk travelling maka saran saya beli kamera yang menggunakan batery lithium. 


4. Pelajari Sebelum Membeli 

Jangan malu bertanya kepada penjual, itu kuncinya. Jika Anda membeli kamera di toko kamera dan penjual tidak bisa mendemokan kamera tersebut, maka saran saya jangan beli di toko itu, cari toko lainnya aja dah mendingan. 

Seorang penjual kamera wajib tahu apa yang dia jual, mampu mendemontrasikan kamera yang ingin kita beli. Karena bilamana rusak nanti, kita bertanya kepada penjual, maka penjual harus tahu minimal masukan apa yang harus kita lakukan terhadap kamera kita. 

Itu standard sih, seorang penjual memang harus tahu produknya. Jadi memang seharusnya mereka belajar untuk menggunakan dan tahu detil-detil sparepart nya agar memudahkan pembeli mengerti cara merawat kamera yang akan dia beli. 


5. Memory Storage 

Jika pada Dslr, memory storage biasanya tidak ada kendala. Karena setiap kamera Dslr pasti ada slot untuk menyimpan kartu memory tersebut. Namun pada kamera Poket harap dipertimbangkan kembali masalah adanya memory storage ini. 

Sebesar-besarnya memory Internal sebuah kamera, pasti tidak lebih besar dari memory Eksternalnya. Maka saya sarankan jika membeli kamera poket harus dilengkapi dengan adanya slot untuk memory Eksternal. 


6. Pengaturan Cahaya

Pengaturan cahaya menjadi penting dalam kita mempertimbangkan membeli sebuah kamera. Minta kasih tahu kepada penjual tentang bagaimana jika kita mengambil pada saat malam hari, adakah fungsi mengatasi malam hari pada kamera yang kita beli. 

Mengambil foto pada siang hari sudah barang tentu bukan satu masalah, namun bila pada malam hari, ada beberapa jenis kamera yang terkadang tidak baik dalam mengabadikan gambar. Maka kita harus minta penjelasan yang sebanyak-banyaknya sebelum membeli, kalau perlu kita lihat dulu kualitas hasil akhir fotonya sebelum membeli. 


Sebagai calon pembeli kita mempunyai hak untuk bertanya apapun yang ingin kita mau tanyakan kepada penjual kamera. Jadi saran saya bawel saja, tanya saja semua yang ingin anda tanyakan, karena menyesal sesudah membeli sangat tidak berguna. 

Jika kita menyesal setelah membeli maka itu adalah kerugian besar, karena barang yang sudah kita beli lalu kita jual lagi sudah pasti harganya tidak sempurna. 

Semoga bisa menjadi tambahan untuk Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli kamera. Ini saya tulis sesuai dengan pengalaman saya saja, jadi untuk tambahannya anda bisa cari informasi di blog-blog atau website para fotografer yang lainnya. 

Senang bisa berbagi informasi untuk Anda. 



Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments