Tips Merawat Lukisan

By November 30, 2015


Lukisan adalah satu ekspresi diri yang dibuat oleh sang pelukisnya. Lalu jika sudah terlalu lama terkadang kita agak bingung dalam merawat lukisan tersebut. Jika kita kehilangan lukisan tersebut seperti kehilangan moment kita berdua saat di Bali (uhuy), maka demikian saya beri tips cara untuk merawat lukisan : 
Lukisan bermacam-macam tekhnik membuatnya untuk mengetahui cara mewaratnya yang pertama anda lakukan adalah mengidentifikasi dari cat apakah lukisan anda terbuat ? jika anda belum dan akan mempunyai lukisan maka disarankan menanyakan kepada pelukis menggunakan cat apa, berikut katagorinya ...

Cat Minyak 
Cara merawat lukisan yang terbuat dari cat minyak tidak terlalu sulit. Anda dapat menggunakan oil painting. Anda dapat menggunakan kain lap atau kuas bersih untuk membantu anda mengaplikasikan oil painting tersebut. Usapkan kain yang telah diberi oil painting tersebutpada lukisan anda dan diamkan beberapa saat. Apabila anda tidak memiliki oil painting anda dapat menggunakan roti tawar sebagai gantinya. Sebaliknya apabila  lukisan anda tidak terlalu kotor. Jangan menggunakan air untuk membersihkan lukisan jenis ini, karena dapat menimbulkan jamur. Anda juga dapat menggunakan cara tradisional untuk menghindari lukisan anda dari ngengat atau kutu dengan menggunakan bubuk lada yang ditaburkan dibelakang kanvas, setelah itu anda dapat tepuk-tepuk dibelakang kanvas. 

Cat Akrilik 
Lukisan jenis ini tidak perlu menggunakan oil painting, karena cat akrilik berbahan dasar air. Anda dapat menggunakan kuas dan kain lap yang bersih dalam keadaan kering. Apabila kotoran pada lukisan cukup banyak, anda dapat menggunakan air sedikit, setelah itu anda dapat melapisi lukisan anda agar cat dapat bertahan lebih lama dengan bahan khusus transparan untuk cat akrilik

Cat Air
Anda dapat menggunakan Lap kering untuk membersihkannya. Apabila lukisan anda terkena jamur, anda dapat menggunakan pemutih pakaian untuk membersihkannya. Membersihkan menggunakan pemutih pun ada tekhniknya. Anda harus menggunakan kain lap untuk mengaplikasikannya, letakkan kertas dibawah lukisan anda, kemudian anda dapat menekannya dari belakang setelah itu mengangin-anginkannya. Apabila lukisan anda yang terkena jamur sudah rapuh, ada baiknya anda serahkan kepada ahlinya. 

Krayon atau pinsil 
Cara merawatnya jauh lebih mudah, anda hanya perlu membersihkannya dengan kain kering dengan cara mengelapnya dengan kain tersebut dan kemudian dijemur lalu diangin-anginkan sebentar. 

Bulu
Cara merawat lukisan bulu ini hampir sama dengan merawatt lukisan dari cat minyak.Yang terpenting, anda harus melapisi terlebih dahulu bulu itu dengan bahan pelapis untuk lukisan cat minyak agar lebih mudah merawat dan membersihkannya. 


Sumber : Majalah Eve agustus 2009.




Salam Kreatif, 
Arie fabian 

You Might Also Like

0 comments