Makna Simbol Label Pada Baju Anda

By December 05, 2015 ,


Setelah saya membalikkan baju saya, terlintas beberapa symbol ada dibalik baju saya. Saya bergeming, ini pasti ada maksudnya, karena tidak mungkin symbol ini ada tanpa maksud. Lalu saya cari baju yang lain juga sama, ada symbol ini. Maka saya langsung cari tau, simbol apakah ini sebenarnya.


Symbol ini adalah symbol Temperatur, dimana Symbol menjelaskan tentang temperatur pada saat pencuciaannya. Jika ada gambar tangan seperti di Baju saya ternyata itu tandanya proses pencucian dianjurkan menggunakan tangan, waduw jadi mesin cuci saya tidak berguna dong untuk baju ini ? 


Untuk Symbol diatas merupakan Symbol pemutih. Jika sudah disilang segitiganya maka ini tidak dianjurkan untuk mencuci dengan menggunakan pemutih. 



Nah ini yang saya bilang tadi, "tidak boleh menggunakan tangan". Ada lagi tuh yang lebih ekstrim, Do Not Wash, Jadi abis kotor basahin aja langsung jemur, pakai lagi, oh my goodness. 



Ini adalah symbol untuk dry clean. Proses Dry Clean ini adalah proses pencucian dengan menggunakan sedikit atau tidak sama sekali menggunakan air. Tanda ini biasanya untuk menjaga warna pakaian agar tetap dalam keadaan sempurna. 



Ini untuk Pengeringan, kita bisa melihat pada guideline dari symbol tersebut. Memang ada yang beberapa harus dikeringkan dengan suhu yang rendah, normal maupun tinggi. 


Penyetrikaan, Symbol yang paling bawah menandakan tidak boleh di Setrika. Lagi-lagi dah pakaian saya pasti lecek semua. Tapi biasanya yang diberikan symbol yang tidak boleh disetrika adalah untuk pakaian sejenis dari bahan sutera dan sebagainya. Karena itu bahan selalu licin biarpun tidak disetrika karena pencuciaannya menggunakan Dry Clean biasanya. 


Nah logo yang satu ini saya suka. Harusnya rakyat kecil menggunakan symbol ini pada bajunya, itu menandakan "tidak boleh diperas", he he he ... 

Peace .... 


Refrensi : 
http://www.gaptekupdate.com/2011/10/mengenal-simbol-simbol-label-pada-pakaian/
http://klikmunadi.blogspot.com/2012/03/simbol-simbol-pada-label-pemeliharaan.html


Salam Kreatif, 
Arie fabian 

You Might Also Like

0 comments