Membahas tentang file raw untuk fotografi

By December 09, 2015 ,


Punya kamera digital Dslr ?
Lalu anda menjumpai tipe file raw pada pilihan penyimpanan kamera anda. 
Untuk lebih lanjut ingin mengetahui format file yang satu ini, mari kita simak tulisan saya dibawah. 

File tipe raw ini merupakan file yang dihasilkan dari kamera digital dslr kita pada saat sekarang ini. Kenapa tidak kita simpan dalam bentuk jpeg aja yah, kenapa harus raw  ?

File Raw diperkenalkan pada kamera digital sekitar pada tahun 2005 an, pada saat itu salah satu jenis kamera dengan merk terkenal yang mengeluarkan. Tipe data dalam bentuk raw merupakan tipe data mentah dari kamera digital. 

File berjenis raw ini dinamakan sebagai file mentah dikarenakan file belum diproses oleh karena itu file ini tidak siap diedit kedalam software digital grafis. File dalam bentuk raw ini biasa juga disebut sebagai negatif dari kamera digital dslr. Atau juga disebut dengan file negatif digital. 

File dalam bentuk raw ini biasanya bisa diedit menggunakan software dari bawaan kamera digital yang kita beli. Maka dari itu jika kita membeli sebuah kamera digital, cd yang diberikan berbarengan didalam kardus kamera digital jangan dihilangkan. 

Walaupun pada saat sekarang photoshop sudah mendukung format file tersebut itupun hanya berada didalam seri photoshop terbaru, kalau tidak salah. 

File gambar mentah ini bertujuan untuk menangkap gambar sebanyak-banyaknya dan semaksimal mungkin. Dan pada format file raw ini bisa menangkap informasi tentang metadata kita pada saat mengambil gambar menggunakan kamera kita. Sebagai contoh jika kita menggunakan speed 2 dan bukaan diagframa 3 maka semua informasi tersebut akan terekam pada software bawaan dari kamera yang kita gunakan. 

Memang menggunakan tipe file raw ini akan lebih banyak memakan ruang pada kapasitas memori kamera kita, itu dikarenakan penyimpanan tipe raw lebih besar dibandingkan dengan tipe tiff dan jpeg. 

Beberapa keuntungan kita menyimpan gambar kita kedalam format file raw, sebagai berikut : 

- Kualitas resolusi gambar lebih tinggi.
- Lebih mudah dalam pengkoreksian seperti Gamma, white balance, brightness, dll. 
- Kita bisa mendapatkan catatan bagaimana cara kita menghasilkan gambar tersebut. 
- Lebih mudah dalam mengkonversi kedalam hdri tekhnik untuk fotografi.

Banyak hal yang perlu pertimbangan kita dalam menggunakan satu hal tentang tekhnologi baru. Jika memang dirasa perlu silahkan menggunakan tipe file ini, namun jika anda ingin traveling dan hanya membawa satu mmc card saja dan itupun sangat terbatas, maka disarankan jangan menggunakan file berjenis raw ini. 

Silahkan anda memilih mana yang ingin anda gunakan ... 


Salam kreatif, 


@rie fabian 


You Might Also Like

0 comments