Sejarah Maskot Iron Maiden

By December 05, 2015 ,


Kali ini saya memilih membuat postingan tentang maskot yang dipakai oleh sebuah band puluhan tahun yang lalu. Maskot ini sangat populer dari jaman dahulu sampai sekarang. Indonesia pernah disambangi pula oleh sang maskot ini, Eddie. 

Eddie, begitulah nama yang diberikan untuk maskot band beraliran Heavy Metal ini. Iron Maiden membuat ini melalui sebuah sejarah yang sangat menarik hingga menjadikan postingan di Blog saya.

Awal terlahir Eddie tidak mempunyai tubuh, lengan dan kaki. Akan tetapi sang ibu tetap mencintai Eddie seperti cintanya kepada yang lain. Eddie


Pada Usia ke 16 tahun akhirnya orang tuanya menemukan dokter yang dapat melakukan operasi untuk memberikan tubuh kepada sang Anak, Eddie. Dan selepas itu orang tuanya ingin buru-buru mengabarkan kepada Eddie dirumah berita yang sangat bahagia ini. Sesampainya dirumah sang orang tua menceritakannya kepada Eddie, bahwa mereka telah menemukan tubuh untuk kepada Eddie yang akan mengakibatkan si Eddie dapat kembali normal. Tapi si Eddie berkata, oh tidak jangan topi jelek itu lagi. 

Demikian cerita sang Drumer Iron Maiden, Nicko McBrian didalam CD nya. Sebuah cerita yang dapat membawa kita kepada sejarah dari maskot Band bergenre Heavy Metal ini. 

Kepala Eddie ini pertama kali terlihat bersama dengan stage manager Band Dave Beasley. Lalu karakter ini disempurnakan oleh Derek Riggs. Tubuh Si Eddie mulai ditampakkan pada tahun 1980 dan dibuat untuk Cover Album Sanctuary. 



Cover Sanctuary sempat menuai kontroversi, dikarenakan membentuk persepsi gambar wanita berseragam yang dibunuh oleh Eddie adalah Margareth Teacher. Akhirnya lewat beberapa proses komunikasi sang Eddie pun bisa terlepas dari Kontrovresi tersebut. 

Derek Riggs.
Album kedua, Killers,  juga masih karya ilustrasi dari seorang Maestro dunia yaitu Derek Riggs. Pada artwork album kedua itu Derek meng klaim bahwa dokumen Iron Maiden 12 wasted Years, didesain berdasarkan kepada sebuah kepala Jepang yang dilihat diacara dokumenter televisi, tergantung di samping Tank Jepang yang terbakar dari peperangan Guadalcanal.  Terlihat disana Eddie menguasai Iblis yang membuat kesan bahwa ini adalah Band Setan. 


Pada Album Peace of Mind, Eddie adalah sesuatu yang mencari suaka Mental dan menjadi Lobotomized (Alasan kepala yang digrendel). Grendel yang mengingatkan Eddie beberapa tahun yang lalu. 


Pada album ketiga, Power Slaves, Eddie sebagai tempat yang sangat keramat, Piramid didaerah Mesir Kuno. Pada cover album ini membawa banyak pesan pada gambar Eddie yang diletakkan pada bagian Pyramid. 

Power Slaves
Somewhere In A Time
Pada konsep Somewhere in A Time, terlihat Eddie sangat futuristik sekali. Dengan menggunakan Senjata Laser yang digunakannya. Ini tampak seperti pada film Terminator yang ada pada jaman itu. 


Pada cover No Prayer For Dying pengerjaan ilustrasi sudah dikerjakan oleh orang yang berbeda, yaitu Melvyn Grant. Konsep ilustrasi Eddie keluar dari makam Fear Of The Dark.


Ini masih terus berkembang kembali, belum selesai sampai disini. Pada Album Dance of The Death merupakan satu karya Eddie yang dapat banyak penghargaan, walaupun banyak pertanyaan-pertanyaan yang aneh pada konsep cover Album ini. 


Eddie bertahan selama 25 tahun, dan Derek Riggs terbukti mampu menghayati dari karakter si Eddie. Dimana sebuah maskot memang hidup sesuai dengan penciptanya. Selain dari semua itu saya juga mendapatkan poster-poster lainnya. 





Maskot ini besar yang sama besarnya dengan Band nya. Satu hal yang luar biasa jika menurut saya, jika kita melihat evolusi si Eddie ini sangat fantastis dibandingkan dengan maskot lainnya yang setua Eddie.  Eddie terus berkembang sesuai dengan perkembangannya, dengan konsep dasar yang kuat. 

Inilah imajinasi, dimana itu akan dapat melahirkan sebuah satu persepsi seolah-olah memang Eddie adalah sebuah makhluk yang hidup dan ada. Karena dia terus berinteraksi sepanjang 25 tahun sampai saat ini. 

Sebuah karya Imajinasi yanga luar biasa, dengan konsep yang kuat dan benar-benar fantastis.


Refrensi : 

http://maiden-world.com/articles/history-of-eddie.html
http://www.ironmaiden.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Iron_Maiden

(untuk para pecinta Iron Maiden di Indonesia, berikan koreksi bila saya salah, karena ini saya posting dengan menilai dari sudut pandang Visual Grafis). 

Terima kasih sudah membaca, semoga ada beberapa pelajaran untuk kita semua para pecinta visual di Tanah Air. 


Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments