Seputar Jasmine Papper

By December 19, 2015 ,


Kertas yang memang memiliki banyak varian ini memang sangat menarik. Kertas Jasmine ini salah satu kertas yang memang memiliki banyak varian, mulai dari varian Plasmanya yang memikat hati, varian matadornya, dll. Kita sering melihat implementasi kertas ini digunakan untuk wedding invitation atau Undangan pernikahan. 

Kertas ini memang dapat menimbulkan 2 kesan yang sangat jauh berbeda, yaitu ekslusif atau murahan. Kesan ekslusif dan murahan ini akan timbul, ketika hasil sudah dapat kita lihat secara keseluruhan. Sebagai contoh kita bisa sering memandang undangan yang hanya satu lipat dengan menggunakan kertas Jasmine ini pasti akan dianggap seperti undangan yang murahan, itu disebabkan oleh sebuah perencanaan yang tidak matang atau memang sejadi - jadinya.

Atau memang kita bisa melihat sebuah undangan yang jenisnya tebal (menggunakan Board) dan dilapisi oleh Jasmine papper ini menjadi terkesan sangat ekslusif, lagi - lagi semua tergantung dari perencanaan pembuatan dari Undangan pernikahan Anda. 

Dalam menangani Undangan pernikahan saya coba selalu menanyakan kemauan dari orang - orang yang ingin menikah. Ada yang berdasarkan fungsi, ada yang berdasarkan bentuk, ada yang mau unik atau ada yang inginnya paket ekonomis tapi itupun selalu saya buatkan secara serius. 

Semua permintaan itu bisa kita awali dari bahan Jasmine itu sendiri. Jasmine ini memang memiliki kelas yang berbeda - beda, dari segi jenis kertasnya maupun ketebalan kertas itu sendiri. Harga dari kertas Jasmine ini dimulai dari Rp. 3.300,- per satu Plano sampai dengan Rp. 7.000,- an rupiah. Nah semua tinggal tergantung kebutuhan bukan ? 

Adapun beberapa pandangan orang tentang Undangan pernikahan yang bagus - bagus itu percuma, menurut saya tidak percuma sama sekali. Karena itu merupakan acara yang sangat sakral yang niatnya kita lakukan satu kali dalam seumur hidup kita, malah kita harus mempertanyakan pasangan kita bilamana undangan yang dibuat secara tidak serius, jangan - jangan cintanya nanti juga tidak serius setelah menikah, ha ha ha ha ... mudah - mudahan jangan yah. 

Beberapa contoh Undangan pernikahan yang dibuat dari bahan Jasmine bisa kita lihat dibawah ini : 




Dan saya bisa bilang, hampir rata - rata undangan yang tebal (board), kertas pelapis yang digunakan adalah kertas jasmine itu juga. Jadi bisa dikatakan memang kertas ini mendominasi untuk Undangan Pernikahan. Kertas ini juga bisa kita cetak menggunakan printer rumahan, enak bukan ? 

Orang saya pernah lupa mencetakkan ucapan terima kasih untuk Undangan client saya, akhirnya saya print menggunakan printer laser saya (berbagi triks) ... he he he .... 

Karena biasanya mencetak undangan lewat saya, itu sudah satu paket dengan ucapan terima kasih, label dan packaging dari undangan itu sendiri (sekarang promosi). 

Namun kekurangan dari kertas ini adalah, karena hampir semua rata - rata Undangan pernikahan menggunakan kertas ini, maka kertas ini sering disebut juga dengan kertas pasaran. 

Jadi sekarang tinggal bagaimana Anda memilih dan merencanakannya saja .... 



Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments