Tips Membuat Reklame untuk Usaha Anda

By December 17, 2015 ,


Papan nama untuk usaha Anda merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari Branding. Namun ada beberapa yang harus Anda ketahui jika Anda ingin membuat papan nama untuk usaha Anda. Simak postingan Gue kali ini untuk jenis dan klasifisikasinya dari papan nama tersebut. 


Ada beberapa jenis pengerjaan untuk papan nama usaha Anda yang wajib Anda ketahui sebelum Anda membuatnya. Ketahanan, biaya, merupakan hal yang biasanya harus dipertimbangkan sebelum Anda membuat sebuah perencanaan papan nama. Murah saat diawal tapi memang memiliki maintanance yang sulit terkadang membuat Anda menjadi pusing dalam menghadapi permasalahan ini. Yuk coba kita simak, jenis-jenis dari papan nama tersebut. 

1. Reklame menggunakan bahan Fleksi 

Jenis reklame ini paling digemari, karena jenis ini memiliki tingkat efisiensi harga yang murah. Jenis reklame ini memiliki 2 model. Yang pertama adalah model frontlite dan yang kedua adalah model backlite. 

Papan Reklame menggunakan bahan Fleksi Fronlite
Back atau Front itu sebenarnya dikatagorikan dari lampunya. Jika Backlite itu menggunakan lampu didalam reklame sedangkan yang frontlite menggunakan lampu diluar. Reklame jenis ini sangat favorite untuk kalangan pemula yang ingin membuka usaha. Itu dikarenakan semua gambar atau jenis gambar apapun bisa di aplikasikan kepada reklame jenis ini. 

Tahukah Anda, reklame yang menggunakan bahan fleksi itu memiliki daya tahan yang bervariatif, dimana itu sangat ditentukan oleh bahan fleksi yang digunakan.

Ilustrasi gambar papan reklame menggunakan Backlite (lampu dibelakang)
Banyak yang tidak mengetahui kalau Anda membuat papan reklame menggunakan bahan fleksi, produksi yang mereka lakukan itu menggunakan bahan fleksi apa. Sebenarnya jika kita ingin membuat sebuah perencanaan papan reklame untuk usaha kita dan berniat menggunakan bahan fleksi, maka Anda memiliki hak untuk menanyakan kepada pembuat dari reklame Anda. Anda harus menanyakan mereka menggunakan bahan fleksi apa ? 

Jenis bahan fleksi memiliki banyak varian, yaitu : Bahan Cina, Korea dan German. Dan harga dari printing bahan fleksi masing-masing beda harganya. Yang termurah adalah fleksi Cina dan yang termahal adalah fleksi German. 

Gue sih kalau membuat sebuah perencanaan reklame, biasanya untuk fleksian ini Standard yang gue pakai minimal Korea. Hampir gak pernah menggunakan bahan fleksi Cina, itu karena memang nanti keliatannya pada ketahanan gambar pada bahan. Jika menggunakan fleksi cina biasanya umuran 6 bulan sudah mulai pudar. Sekali lagi, perbedaan bukan hanya kelihatan dari tebal tipisnya bahan saja loh. 

Karena fleksi cina pun juga memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Melainkan pada serat bahanpun fleksi beda jenis beda seratnya. Jadi kalau yang ada didalam benak gue, repot rasanya mengganti visual untuk waktu yang sangat cepat. Gue mempertimbangkan untuk pudarnya gambar itu minimal mah 1 tahun untuk ganti visual kembali. 

Fleksi Cina memiliki kekuatan 6 - 8 bulan bertahan, sedangkan fleksi korea 12 sampai dengan 18 bulan bisa bertahan, untuk german sendiri biasanya 24 bulan masih bisa bertahan. Harga untuk printingnya jika fleksi cina itu range harganya bisa dari 25 ribu sampai dengan 30 ribuan. Sedangkan Fleksi Korea itu range harganya 30 ribu sampai dengan 45 ribu, dan bahan german itu range harga printingnya 55 rb sampai dengan 75 ribu harga permeternya. 


2. Reklame menggunakan bahan Sticker

Jenis reklame menggunakan bahan sticker itu juga sangat bervariatif dalam implementasinya kedalam mediumnya. Ada yang menggunakan Sticker Vynil, Sticker Transparan, dan yang terakhir Cutting Sticker. 

Reklame menggunakan Sticker Vynil
Reklame menggunakan Sticker Vynil
Pada reklame berjenis ini biasnaya menggunakan Accrylic terlebih dahulu untuk memasangkan stickernya. Adapun terkadang yang meletakkan sticker diatas media melaminto. Untuk papan reklame jenis (Sticker Vynil dan Transparan) ini biasanya juga memiliki ketahanan antara 12 sampai dengan 18 bulan. Untuk biaya printingnya pada media sticker ini biasanya lebih mahal daripada print fleksi. 

Yang lain jenisnya adalah, reklame menggunakan cutting sticker. Jenis reklame yang menggunakan Cutting sticker ketahanannya jauh lebih lama dibandingkan dengan vynil, transparan, fleksi german sekalipun. 

Papan reklame menggunakan Cutting Sticker
Papan reklame menggunakan Cutting Sticker
Pernah lihat kan jenis reklame indomart dan alfamart, reklame yang mereka gunakan memang terkadang ada dua jenis. Ada yang menggunakan Cutting sticker dan juga ada yang menggunakan Letter. Jika kita lihat mengapa mereka menggunakan cutting stikcer, itu dikarenakan ketahanan dari jenis cutting sticker ini sangatlah bertahan lama. 

Ketahanan dari cutting sticker ini biasanya lebih dari 24 bulan. 3 sampai dengan 4 tahun masih kuat seperti itu saja bentuknya. Paling nggak kusam karena kotoran yang melekat pada media. Jarang sekali orang yang melirik jenis ini (Cutting sticker). Karena untuk pengusaha pemula jika mereka menggunakan reklame jenis ini, mereka tidak bisa menampilkan gambar. 

Jenis cutting sticker ini biasanya hanya untuk nama usaha mereka saja. Itu kenapa untuk usaha-usaha yang baru mereka tidak berkenan menggunakan material ini. Padahal kalau bicara ketahanan inilah yang menjadi primadona bagi beberapa pengusaha yang ingin membuat reklame untuk jangka waktu yang sangat lama. 

Harga untuk cutting sticker ini hitungannya menggunakan per centimeter. Harga percenti meternya sangat bervariatif tergantung dari bahan lagi. Bahan yang sering gue gunakan untuk cutting sticker ini biasanya, adalah : 3M dan Oracal. Harga cutting untuk 3M sendiri itu kurang lebih Rp. 150,- /cm nya. Untuk oracal biasanya Rp. 75,- / cm. 

Kedua dari bahan ini hampir sama kok ketahanannya. Cuma biasanya kalau orang yang awam mengetahui 3M itu jenis bahan yang menjadi primadona, karena memang brandingnya 3M kuat banget ada dimana-mana. Terutama untuk kaca-kaca film mobil yah. 

Pembuatan reklame menggunakan Cutting Sticker
Pembuatan Reklame menggunakan bahan Cutting Sticker
Seperti yang gue buat untuk Hodcaa, untuk umur 1 tahun setengah dia masih bertahan seperti itu saja. Tidak pudar seperti bahan-bahan fleksi. Itu karena warna yang dihasilkan dari bahan jenis ini bukan di printing, melainkan warna dari sticker itu sendiri. 

Kekurangan dari reklame jenis ini tidak bisa memasang gambar produk, seperti produk makanan, gambar orang yang real, dan juga kekurangannya adalah warna tidak bisa sama persis dengan warna identitas kita (untuk warna-warna yang spesial). 


3. Reklame menggunakan Letter

Letter block merupakan bahan yang digunakan untuk premium brand (biasanya). Jenis material ini bisa dibilang memiliki harga yang jauh lebih mahal dari jenis yang lainnya. Untuk ketahanan sendiri jenis material ini tidak usah ditanya lagi, 5 tahun saja masih bertahan bro. Cuma paling perawatannya saja yang harus diperhatikan. 

Jenis reklame letter ini biasanya menggunakan 3 bahan yaitu : Kuningan, Steinles steal, Galvanis, Kayu dan Accylic. Untuk Letter yang ingin diberikan warna biasanya menggunakan material galvanis dan kayu. Kalau kayu ketahanannya tidak sekuat dari ketiga kawannya (Galvanis, kuningan dan Steinles). 

Papan reklame jenis letter menggunakan bahan Accrylic
Contoh Reklame menggunakan letter bahan Steinless Steal
Untuk jenis reklame yang seperti ini, hitungannya menggunakan per centi meter juga. Tergantung dari materialnya itu sendiri. Material kuningan jauh lebih mahal dibandingkan material steinlees dan galvanis. Kalau untuk accrylic nanti harga kadang banyak variannya. Jika ingin menggunakan lampu LED atau tidak menggunakan lampu, ketebalan dari huruf itu sendiri mempengaruhi dari komposisi harga. 

Nah sekarang Anda sudah mengetahui seperti apa perencanaan yang seharusnya Anda buat untuk sebuah papan reklame usaha Anda. Jika sudah melihat seperti ini, kita bisa kembali lagi kepada perencanaan visual yang baik. Itu kenapa membuat identitas sebuah usaha Anda sudah seharusnya difikirkan sampai dengan pembuatan reklamenya seperti ini. Karena kalau menurut gue, reklame nama usaha Anda juga merupakan bagian dari identitas Usaha Anda. 

Jadi kalau Anda memikirkan satu-satu, semisal begini, Anda membuat identitas untuk usaha Anda, logo aja dulu. Nanti yang lain gampang menyusul. Jika penerapannya model begini, trial error nya akan banyak sekali. Karena biasanya yang seperti ini akan mencoba berbagai macam media untuk Anda lihat hasilnya. 

Kalau Gue sih gak rekomen deh kalau membuat identitas setengah-setengah. Cari yang bisa langsung membuatkan identitas yang langsung impelementasi kepada medium untuk kebutuhan semua identitas usaha Anda. Setidaknya susahnya diawal, kesananya Anda tinggal eksekusi dimanapun tempatnya. 

Sabagai contoh Alfa dan Indomaret yang sering kita lihat. Ada juga Circle K, Sevel dan lawson. Mau dimanapun mereka membuka gerai baru mereka, identitas mereka selalu dikenal sebagai satu kesatuan yang sama. Minta kepada designer Anda guide untuk pembuatan semua medium Identitas usaha Anda. Dengan begitu siapapun vendornya, maka mereka sudah pasti akan bisa membuat sama persis 99% akurat dimanapun Anda membuka gerai baru. 

Terima kasih sudah membaca postingan saya sampai akhir, sampai bertemu lagi pada tulisan yang lainnya dihalaman blogsite saya. 






Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments