3 Tren Visual dan Gaya Marketing pada Tahun 2016

By January 06, 2016 ,

Selamat tahun baru yah Sobat-Sobat gue, dimana akhirnya 2016 sudah dimulai. Sudah hampir 4 hari yah kita memasuki tahun 2016. Kira-kira untuk 2016 apa trend marketing yang akan berlangsung pada tahun ini. Gue sih coba menebak, minimal 3 perihal ini masih akan terus berlanjut pada tahun 2016. Simak yah, mudah-mudahan ada manfaatnya. 

1. VIDEO MEDIA


Video media, sudah menjadi trend memang dipenghujung tahun 2015 yang lalu. Dimana kita sudah melihat beramai-ramai orang mulai beralih dari still image menuju video. Dimana orang mulai mengaktifkan channel youtube mereka untuk terus dipublikasikan. 

Menarik memang, dimana tantangan pada media ini memang banyak variannya. Dimana ada yang mengemas konten yang baik, ada yang membuat secara cinematografi yang baik, dan ada pula yang membuat sebuah dokumentasi dari hobi-hobi yang mereka kumpulkan dalam satu channel youtube mereka. 

Menurut gue sih 2016, ini akan lebih banyak lagi keluar melalui channel-channel youtube yang akan dikaitkan dengan program-program marketing sebuah usaha. Dimana kita melihat sebuah TVC yang membuat sebuah kompetisi memberikan testimoni video dan dikirimkan ke sebuah sosial media produk. Hasilnya lumayan baik kok kalau gue bilang. 

Dimana kita bisa melihat, testimoni video itu sangat tinggi value-nya dibandingkan dengan gambar yang saat sekarang ini banyak terjadi manipulaasinya. Momentumnya pas, dimana saat ini hampir semua smartphone sudah bisa membuat sebuah video testimoni. Dan kita juga sama-sama tahu, hampir semua provider khususnya di Jakarta sedang berlomba-lomba meningkatkan jaringan data mereka agar user dapat menggunakan internet bisa lebih cepat lagi. 

Ketika memang infrastruktur berjalan bersamaan dengan gadget yang juga semakin canggih, maka video ini bisa menjadi satu hal yang luar biasa yang berkaitan kepada marketing mereka. Siapkan ide Anda untuk mengajak audiens Anda memberikan testimoni, dokumentasi, atau apapun yang hasil akhirnya adalah sebuah video. 


2. GIF IMAGE

Selain Video, kita juga disajikan lewat material visual yang bergerak berulang teratur. Seperti video pendek yang looping secara terus menerus. Apalagi jika kita lihat pada Facebook yang sudah mulai tidak membuat satu gambar statis pada timeline setiap orangnya. 


Menarik memang berbicara tentang gif Image ini. Dimana sebuah gambar yang bisa mengalahkan still image kedepannya untuk dikemas menjadi media promo atau marketing. Gue sih memprediksi kalau gif image ini akan populer kembali di tahun 2016. 

Kalau kita liat timeline kita pada media sosial seperti facebook, dibandingkan dengan still image (Jpg), maka gif ini lumayan bisa membawa suasana baru dalam penciptaan sebuah visual. Dimana pada timeline kita gambar akan bergerak tanpa kita tekan play (sama halnya pada video). 

Bagi beberapa pencipta visual yang menggemari pergerakan pendek (short motion), maka gif image ini akan dijadikan alternatif untuk menarik mata audiens-nya. 


3. KOMUNITAS

Komunitas tetap menjadi perihal favorit dalam kegiatan marketing sebuah Perusahaan. Dimana kita melihat, diera terbuka seperti sekarang ini, dimana semua dinilai berdasarkan banyaknya suara, maka menggandeng komunitas masih akan terus dilakukan pada tahun 2016 ini. 

Bahkan seorang Hermawan Kertajaya memasukan community pada ramuan teori marketing 3.0 nya. Kita sudah hampir tidak bisa bermain segmen pada saat sekarang ini, tapi harus komunitas. Jadi menurut gue, komunitas tetaplah satu hal yang penting dalam membuat satu ramuan marketing Anda di tahun 2016 ini. 


Kalau menurut gue, apa yang dibicarakan oleh Hermawan Kertajaya ini masih sangat berlaku untuk tahun 2016. Connect, Community, Colaboration, dan yang lainnya masih menjadi sesuatu yang favorit untuk tren marketing di tahun 2016.

Semangat terus untuk Anda bersama dengan Brand Anda. Semoga ditahun 2016 ini, Anda bisa mencapai apa yang Perusahaan Anda ingin capai. Baca terus artikel gue yah sobat, sampai ketemu lagi pada artikel berikutnya.






Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments