Membuat Sebuah Perencanaan Signage

By January 12, 2016 ,


Gue selalu bicarakan pada setiap diskusi dengan semua team di Fabian Studio, bahwa yang namanya perencanaan (Strategi) itu selalu nomer satu untuk membuat segala sesuatunya menjadi maksimal. Gue sih gak peduli walau beberapa client bilang itu jadi menambah panjang proses sebuah pengerjaan. 

Sebagai contoh Anda bisa lihat ketika gue diminta bersama team untuk membuatkan signage untuk sebuah bridal dibilangan Pluit, Jakarta Barat. Gue memberikan beberapa langkah sampai dengan akhirnya itu adalah eksekusi.

Gue selalu membuat tahapan itu menjadi 3, Plan > Design > Execute. Nah ada beberapa client yang kurang suka dengan panjangnya proses yang gue buat. Tapi biasanya diujungnya mereka tetap happy karena akhirnya mereka mengerti, betapa penting sebuah perencanaan.

Karena coba Anda bayangkan, ketika sebuah eksekusi tidak menggunakan perencanaan, setelah dibuat ternyata signage yang dibuat kurang besar, kurang bagus penempatannya, dan kurang maksimal, itu akan membuat kerugian bagi kedua belah pihak.

Perencanaan Pembuatan Signage
Bagi pihak client, sudah pasti material itu akan terlihat kurang maksimal. Dan untuk vendornya sendiri pasti akan membuat kerja menjadi dua kali (bongkar dan pasang ditempat yang baru). Nah maka dari itu, untuk menghindari kejadian seperti itu, buat Gue lebih baik ribet diawal tapi diakhir pekerjaan "everybody happy", kan jadinya enak.

Perencanaan Pembuatan Signage
Anda bisa lihat, gambar diatas merupakan tahap awal sebuah perencanaan. Dimana team gue memberikan gambaran kasar untuk diimplementasikan ditempat yang sudah gue survei. Dengan begitu gue akan lebih enak dalam melakukan presentasi dipertemuan kedua dengan client.

Perencanaan Pembuatan Signage
Bukan hanya tempatnya saja, melainkan sampai dengan bahan material yang akan digunakan yang nantinya akan diproduksi oleh Fabian Studio.
Perencanaan Pembuatan Signage
Jika sudah demikian maka seharusnya pada saat eksekusi tidak ada lagi ketidak cocokan baik secara visual maupun secara ukuran. Setidaknya gue sih hanya membuat sebuah pola yang dimana diakhir pekerjaan kita menjadi nyaman untuk kedua belah pihak.
Perencanaan Pembuatan Signage
Selesai presentasi jika mana memang sudah setuju, maka gue langsung kejar tanda tangan client baik di notulen meeting dan gambar yang sudah disetujui oleh client. Dengan begitu maka team gue akan mengerjakan produksi dengan tenang karena sudah ada petunjuk untuk pembuatan material signage ataupun nanti pada saat pemasangannya.



Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments