Meminta File Master Desain, Bolehkah ?

By January 15, 2016 ,


Jadi ketika gue diskusi dengan kawan-kawan sesama designer, apalagi yang baru saja lulus kuliah DKV dan menjadi pekerja Freelance, pertanyaan diatas sering sekali ditanyakan ke Gue. Memang disini ada beberapa point yang membuat pertanyaan itu menjadi sulit sekali dijawab, diantaranya gue bahas pada postingan gue pagi ini. 

Ada point yang menjelaskan bahwa, terkadang client membuat sebuah klaim begini kira-kira bunyinya : 

"Pak, saya kan membeli desain atau Motion Anda, jadi saya seharusnya bisa dong mendapatkan file PSD atau AE nya, karena sesungguhnya itu adalah hak kami" 

Kira-kira bagaimana menjawabnya ? 

Jadi pertanyaan itulah yang sering sekali menjadi ketakutan tersendiri bagi para pekerja creative seperti designer dan motion graphic. Kalau buat gue pribadi, surat penawaran diawal sudah gue beri  statement bahwa metafile atau master file adalah sepenuhnya hak pembuat, jadi client tidak diperkenankan meminta metafile atau master file dari Kami.

Soalnya sudah pengalaman berulang, ada client yang meminta metafile yang gue kerjakan, daripada debat diakhir acara mending ditegaskan di acara pembukaan aja deh. Gue sih yakin kalau memang seorang designer atau pekerja kreatif lah tidak pernah takut memberikan file master ataupun metafilenya.

Tapi kalau difikir secara etika, seharusnya hal seperti ini tidak patut ditanyakan oleh seorang client kepada agency kreatif yang berlaku sebagai vendornya.

Gue ambil sebuah analogi seperti ini :
Apakah seorang programer yang bekerja freelance yang mengerjakan sebuah pembuatan program akan rela menyerahkan souce code nya kepada client ?

Pertanyaannya sekarang yang dibeli oleh client adalah source code nya, atau programnya ?

Source code yang dibuat oleh seorang programer dikerjakan hasil dari jerih payah pemikiran, logic dan ide sang programmer. Itu juga merupakan dapurnya programmer, tidak etislah kalau client meminta source codenya, seharusnya begitu juga dengan desain dan pekerjaan kreatif lainnya.

Kalau Client meminta source code atau metafile seharusnya permintaan pekerjaannya bukan ingin dibuatkan program atau desain, melainkan ingin kursus dengan programmer atau designer tersebut, bener gak ? 

Jadi jawabannya kalau dilihat dari angle manapun seharusnya ini tidak patut diminta oleh client. Apapun alasannya, karena memang itu merupakan hasil dari pemikiran sang pekerja kreatif. Client hanya memiliki hak atas File Final Artwork sesuai dengan pesanan yang dia ajukan kepada agency-nya.

Kalau memang misalnya pemesanan itu adalah pengerjaan Desain untuk coorporate identity maka hanya itu yang akan mereka dapatkan, tidak dengan file masternya. Karena metafile atau master file itu murni hak intelektual dari sang pembuat (Designer).

Gue sih awalnya juga sering kejebak dengan situasi ini yang pada akhirnya gue kasih juga, setidaknya itu masih pernah gue alami 2 tahun yang lalu. Gue males berdebat, jadi akhirnya gue kasih deh. Tapi sekarang itu, gue buat semacam klausal dalam sebuah penawaran, sehingga tidak terjadi perdebatan permasalahan ini.

Dan alhamdulillah sih, sejauh belakangan ini sudah tidak ada yang menanyakan kembali permasalahan itu sekarang-sekarang ini.




Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments