Tips Memilih Memory Card Kamera Anda

By January 02, 2016 ,


Memory Card saat ini menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kamera Anda. Walaupun ada beberapa merk kamera yang menyediakan Memory internalnya tapi itu biasanya tidak dengan kapasitas yang cukup besar. Selain itu, artikel ini juga bisa menjadi rekomendasi buat Anda yang sedang mencari memory untuk Smartphone Anda. Buat Anda yang belum mengetahuinya, berikut tips dari gue tentang seputaran memory card untuk gadget Anda. 

Berbicara tentang definisi dari Memory Card ini adalah sebuah tempat penyimpanan data untuk gadget Anda. Berfungsi untuk Anda agar bisa data tersebut dipindahkan kepada Gadget Anda yang lainnya, Laptop misalnya. 

Untuk Kapasitas dari memory card ini memang sangat bervariatif, semua tergantung jenis dan besarnya kapasitas. Bila kita berbicara tentang Memory Card dengan besar 32 GB, maka itu pertanda, memory Anda dapat menyimpan foto sebanyak 1000 foto jika satu foto kamera digital atau handphone Anda 3 Mb per-foto.

Jenis dari Memory card saat ini memang sangat banyak Variannya, MicroSD, SD, CF, M2, nah untuk dunia fotografi biasanya hanya ada tiga jenis yang digunakan yaitu : SD, CF, Eye-fi Card.

MICRO SD CARD 

Micro SD Card
Micro SD Card ini merupakan miniatur dari SD Card yang dimaksudkan untuk penggunaan Smartphone. Kartu ini memiliki kapasitas, serta keterbatasan pada kecepatan transfer data. Maka dari itu kartu memory jenis ini biasanya digunakan untuk handphone untuk media penyimpanan, music, data, dan lain sebagainya.

SECURE DIGITAL (SD) CARD

SD Card Memory
Kartu memory ini secara luas digunakan untuk Camera Digital. Kartu ini yang pada awalnya pada tahun 1999 diperkenalkan dengan kapasitas 2 GB, sekarang sudah sangat bervariatif untuk ukuran dari kapasitasnya. Pada saat ini Anda sudah bisa menjumpai banyak diluar sana Kartu SD dengan kapasitas yang lebih dari 2 GB.

EYE-FI CARD 

Eye-Fi Card
Kartu ini merupakan satu pengembangan dari jenis SD yang dilengkapi dengan Wi-fi didalam kartu tersebut. Dimana Anda bisa langsung mengirimkan data yang berada didalam kartu ini secara langsung, sehingga itu bisa menghemat waktu Anda.

COMPACT FLASH CARD (CF) 

CF Card
Pertama kali diperkenalkan jenis kartu memori ini pada tahun 1994. Dimana kartu ini memiliki kelebihan pada transfer data dalam kecepatan tinggi dan juga memiliki kapasitas yang besar. Dalam Kamera digital yang serinya sudah semipro dan pro, Anda akan menjumpai tempat kartu dengan 2 jenis (besar dan kecil). Yang besar ini digunakan untuk kartu memori jenis Compact Flash ini dan yang kecil digunakan untuk jenis SD Card.


KECEPATAN DARI KARTU MEMORI 


Jika kita berbicara tentang kecepatan kartu memory maka itu sama dengan membicarakan tentang kecepatan transfer file yang dilakukan oleh kartu memory tersebut. Sebagai contoh, jika kita ingin membuat rekaman video menggunakan dslr, maka jika kecepatan transfer dari kartu tersebut tidak memiliki kecepatan yang baik, maka biasanya yang sering terjadi video rekaman Anda akan putus.

Untuk yang memiliki kecepatan ini biasanya ada pada kartu memory jenis SD Card. Sehingga SD Card itu sendiri memiliki kelas-kelas yang dibagi sebagai berikut :

- Kelas 2 kecepatananya 2 Mb/s
- Kelas 4 kecepatananya 4 Mb/s
- Kelas 6 kecepatananya 6 Mb/s
- Kelas 8 kecepatananya 8 Mb/s
- Kelas 10 kecepatananya 10 Mb/s

Dan baru-baru ini, SD Card dengan merk San Disk mengeluarkan varian baru yang disebut dengan UHS. Yang memiliki kelas sebagai berikut :

- Kelas 1 kecepatananya 10 Mb/s
- Kelas 3 kecepatananya 30 Mb/s
Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat pada website San Disk, klik disini.

Untuk kartu memori dengan jenis CF, maka mereka memiliki kecepatan dengan menggunakan simbol Kali (X). Jika Anda mendapatkan kartu CF dengan tulisan 600x maka Anda bisa menghitungnya dengan cara :

600 x 150 / 1000 = 90 MB/s


Nah sekarang tinggal kebutuhan Anda saja ingin menggunakannya untuk apa, bijak dalam menentukan pilihan dapat menciptakan satu hasil yang efisien. Jika Anda memang hanya mengambil sebuah foto dokumentasi untuk acara Gathering kantor Anda, gak perlu juga Anda repot-repot mencari kartu SD yang kelas tinggi. Cukup dengan kartu SD biasa maka Anda sudah bisa menjalankan aktifitas dokumentasi Anda.

Akan tetapi jika Anda memang ingin mengambil sebuah hasil shoot berjenis Video, harap Anda juga memikirkan panjang durasi dan memang kualitas dari gambar yang akan Anda ambil sendiri. Akan lebih maksimal hasilnya jika Anda menggunakan kamera yang baik dengan kualitas kartu memori yang maksimal juga.

Permasalahannya, makin canggih kartu itu, maka itu tandanya semakin dalam juga kocek yang akan lo keluarkan. Mahal tapi memang sesuai dengan manfaatnya akan lebih baik daripada mahal tapi hanya pemborosan dan mengedepankan gengsi belaka.





Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments