I Love This Presentation (steve job)

By February 14, 2016 ,


Gue suka banget saat Steve Job membawakan presentasi untuk produknya yang bisa kita lihat pada video dibawah postingan gue ini. Performance-nya keren, tenang, materinya keren. Pas banget ketika pada saat itu memang kita seperti mendapatkan sebuah revolusi baru untuk sebuah produk. 

Dia mengingatkan kembali kepada satu masa dimana Apple menciptakan Machintos pada tahun 1984, lalu dia mengembalikan lagi kepada tahun 2001 dimana saat itu mereka menciptakan I-pod. Lalu dia mencoba membawa materi itu kepada masa sekarang dimana dia ingin menunjukkan produk yang ingin dia perkenalkan kepada audiens-nya. 




Dia menceritakan semua kelebihan produk yang akan dilaunching-nya dengan baik sekali. Dengan dimana kompetitornya saat itu adalah Blackberry yang sangat kuat memainkan ponsel yang terkoneksi dengan internet.


Mengejutkan, dan membuat sebuah Joke ditengah presentasi memang terkadang sangat diperlukan, karena dengan cara tersebut kita bisa membuat cair suasana.

Revolutionary UI (User Interface) merupakan satu kemasan bahasa yang dibuat oleh Steve Job untuk mengumumkan sebuah Ponsel yang dimana pertama kali dibuat tanpa menggunakan keyboard Qwerty.


Steve Job menjejerkan competitornya dengan menekankan Uniqe Selling Point dari I Phone ini. Dengan menunjukkan bahwa Produk yang dia ciptakan tidak menggunakna qwerty keyboard, juga tidak menggunakan Stylus, tapi menggunakan tangan langsung.

Ada beberapa point memang pada presentasi ini yang dijadikan USP dari sang maestro ini, yaitu :
- Revolusi tanpa keyboard
- Layar yang bisa menjadi lebih lebar karena memang tidak meletakkan keyboard pada I Phone
- Hand Touch (langsung menggunakan jari Anda)
- System operasi yang canggih dan mudah di sinkronisasi langsung kepada i tunes.

Tapi yang ingin gue tekankan adalah cara penyampaian materi yang memang santai dan mengagumkan. Dan akhirnya saat produk ini keluar, hampir semua competitornya juga melakukan hal yang sama, yaitu memangkas semua keyboardnya menjadi layar semua, alias semuanya sudah bisa kita lihat sekarang sebuah smartphone sudah tanpa keyboard.


Bahkan sampai sekarang pun gue masih terkagum-kagum untuk presentasi ini. Bagaimana dia mengemas materi dan memang membawakannya dengan luar biasa. Seperti kita tahu, apa yang kita buat bisa akhirnya sempurna untuk penjualan kuncinya adalah pada saat presentasi. Baik dari cara kita menerangkannya kepada calon konsumen kita yang ingin membeli produk kita.

Sukses dalam presentasi bisa mengantarkan kepada suksesnya pada penjualan sebuah produk. Itu kenapa presentasi merupakan hal yang tidak bisa dibilang remeh temeh. Mempersiapkan mulai dari materi dan memang cara penyampaian harus difikirkan dengan baik.


I like this ...





Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments