Logo Koperasi Baru


Kebetulan sekali Fabian Studio sedang mengerjakan project untuk Koperasi, maka kali ini Gue ingin membahas logo baru dari Koperasi Indonesia. Fabian Studio mengerjakan pergantian logo untuk Koperasi Kodanua, dibilangan Jakarta Barat. Tadinya Gue berfikir hanya Koperasi Kodanua saja yang mengganti Logonya, tapi begitu Gue mencari tahu tentang acuan warnanya, ternyata ini memang hasil dari sebuah Keputusan Mentri Koperasi. 
Logo Baru Koperasi


Jadi dengan kata lain semua Koperasi yang berada di Indonesia akan mengalami perubahan Logo dan itu wajib judulnya. 

Masalah pergantian logo dari sebuah logo yang sangat heritage (Pohon beringin) menjadi logo yang demikian simplenya, kalau menurut Gue pribadi sih sayang sekali yah. Lagi - lagi sama kayak cerita logo Bank BNI yang heritage, tiba - tiba diganti dengan logo yang bersimbol 46 doang. 

Tapi apapun juga itu sudah menjadi sebuah ketetapan, dan lucunya ketika kita mencari di Internet akan logo ini, varian warnanya banyak sekali. Seolah - olah ini memang guide dan sang pembuatnya. Padahal kalau kita melihat Keputusan Mentrinya logo hanya 1 variasi warna. Yang terdiri dari Hijau Tua, Hijau Muda dan Merah pada tulisan Koperasi Indonesia. 

Sepertinya memang logo ini tidak disosialisasikan, atau memang belum yah. Harusnya jika sudah pergantian logo, sediakan Versi Vectornya juga, agar para Koperasi setempat jika ingin merubah logonya maka dengan mudah dapat ke website terntentu yang memang menyediakan logo baru dari Koperasi tersebut. 

Dokumen Keputusan Mentri 

Padahal Jelas disana, logo hanya satu type warna. Yang mana sudah diatur dalam satu aturan pada Keputusan Mentri tersebut tentang Colour yang digunakan. 

Logo ini berubah dengan memiliki makna sebagai tertuang dibawah ini : 



Logo Koperasi lama
Selamat tinggal pohon beringin tanda bargantinya sejarah dari Koperasi kita. Logo - logo bersejarah kita sudah hampir punah satu persatu. Digantikan oleh sebuah simbol - simbol baru sesuai dengan eranya sekarang. Kita pernah tahu bahwa saja jika Gue melihat symbol dari pohon beringin ini Gue masih teringat oleh Bung Hatta, yang terus - menerus diceritakan pada saat sekolah dulu.

Jadi sebelum punah banget, maka Gue sandingkan symbol Koperasi yang lama pada blog Gue ini. Mudah-mudahan Koperasi menjadi lebih maju dengan logo barunya.

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda menyukai logo baru dari Koperasi Indonesia ini ?






Salam Kreatif,
Arie fabian 

Comments