Mitologi Burung Feng Huang

By February 15, 2016


Berawal dari melihat foto kawan-kawan yang berpose didepan klenteng, Gue terus memperhatikan makna yang tersirat pada desain yang berada pada tempat Ibadah Orang Khong Hu Chu itu. Agak membingungkan memang, beberapa kawan Gue  bilang itu adalah tempat peribadatan untuk orang Budha dan ada juga yang bilang itu tempat peribadatan orang Khong Hu Chu.


But what ever lah ... Gue tidak ingin membahas perbedaan, yang Gue ingin membahas adalah kekaguman Gue terhadap beberapa ornament yang mereka gunakan untuk tempat peribadatan mereka. 

Burung Feng Huang, beberapa orang ada yang menganggap ini adalah burung Phoenix atau sering juga disebut dengan burung api. Burung ini selalu ada pada tempat peribadatan yang sering disebut juga dengan Vihara ini.


Sejarah burung ini sudah ada dari jaman Dinasti-Dinasti di Cina. Burung ini dinamakan dengan Feng Huang dikarenakan memiliki 2 jenis, yaitu laki-laki dan perempuan. 


Jadi yang Feng itu adalah laki-laki dan Huang adalah Perempuan. Burung ini memang mempunyai beberapa simbol yang menarik, pantas saja menarik perhatian Gue untuk menyelidikinya. Ternyata burung ini terdiri dari berbagai macam hewan. Paruh burung ini diambil dari Ayam Jantan, Muka pada burung ini adalah menggunakan Muka Burung Walet, Keningnya diambil dari jenis burung, lehernya diambil dari jenis ular dan punggungnya dari kura-kura. 

Lalu ditubuhnya juga terdapat 6 simbol benda langit, Kepala melambangkan Langit, Mata melambangkan matahari, Punggung melambangkan Bulan, Sayap melambangkan Angin, Kaki melambangkan Bumi dan Ekornya melambangkan Planet-planet. 

Sungguh Burung yang sangat luar biasa. Jika ini sebuah mitos, sungguh hebat yang membuat mitos ini. Maka Gue sangat kagum dengan burung Mitologi Cina ini. 

Belum lagi pada ekornya terdapat 5 warna, yaitu Hitam, Putih, Merah, Biru dan Kuning. Seperti ada guideline pada burung ini. 

Gue belajar banyak hal dari beberapa proses atau mitologi yang sangat bagus ini. Karena Desain itu sejalan dengan sejarah peradaban, baik manusia maupun mitologi-mitologi. Apa yang kita kenal sekarang jangan-jangan itu juga merupakan mitologi. Dari mana asalnya warna merah adalah berani ? 
Maka Gue sangat senang untuk mendalami beberapa cerita-cerita mitologi baik yang berasal dari Indonesia itu sendiri maupun dari peradaban luar. 

Indonesia selalu terinfluent dari banyak negara, walaupun kita sering bilang bahwa budaya kita kaya. Namun yang harus diingat, semua itu sudah terinfluent oleh budaya-budaya negara sekitar. Masih aja gak percaya, Coba tengok batik kita yang mempunyai gambar burung Hong ?  dan coba anda simak sejarah burung Hong itu sendiri. 




Salam kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments