Perencanaan Company Profile untuk PT. Prima Integrasi

By February 26, 2016 ,


Beberapa waktu yang lalu gue bersama team diundang main ke PT. Prima Integrasi yang berkantor di Gedung Intiland Karet Jakarta Pusat. Mereka mengundang gue untuk ikutan Picthing pembuatan Company Profile mereka yang sudah ingin diganti, baik dalam bentuk maupun desain. Maka gue mendapatkan brief sekaligus mendengarkan clue yang diberikan dari 3 Direktur penentu pada ruangan meeting. 

Dia ingin mengganti company Profile-nya baik dari segi Copy-nya sampai dengan bentuk dan Desain-nya. Oke, gue setengah jam mendengarkan dari kemauan para Bapak Direktur Perusahaan ini, maka gue minta waktu satu minggu untuk maju kembali membawa update progres yang akan gue ajukan kepada mereka.

Setelah seminggu kedepan akhirnya gue dapat materi presentasi dengan membawa 3 point pada materi yang akan gue ajukan kepada mereka. 

1. Simple 
2. Efisien 
3. Efektif 

Untuk visual gue memberikan beberapa masukan yang akan gue masukkan sebagai materi pelengkap. Adapun Visual Design untuk style gue pun gue berikan pada desain cover untuk company profile mereka. Dan tidak lupa gue membawa dummy bentuk kehadapan para Bapak Direktur untuk presentasi kepada mereka. 

Sample Design style gue untuk company profile mereka : 

Company Profile
Desain gue berikan kepada cover depan untuk halaman company profile mereka. Image yang didepan akan mewakili semua kegiatan perusahaan mereka yang bergerak dibidang I.T dan Electrical Mechanical. Dimana gue berikan sampling image yang gue ambil dari google hanya bersifat sementara, yang nantinya akan gue tawarkan dengan menggunakan dua opsi untuk imaging yang berada didepan cover company profile mereka. 

2 Opsi untuk image itu adalah, membeli kepada website stock Image atau memang ingin capture moment sendiri dengan menggunakan Photography. Gue juga mengajukan budget buat copy mereka yang akan gue susun ulang pada saat pembuatan company profile ini. 

Untuk mock up bentuk gue berikan seperti gambar dibawah : 

Company Profile
1. Simple 

Bentuk ini sangat simple dan clean karena itu memang jadi style gue dalam membuat sebuah visual. Komposisi ini menurut gue membuat orang konsentrasi kepada satu kesatuan dari materi Company Profile itu sendiri. 

Logo yang gue letakkan dibawah, membuat orang mendapatkan fokus tentang si Perusahaan itu sendiri. Lalu image yang gue layout dengan style itu meminta perhatian orang agar bisa memperhatikan gambar satu persatu secara dari kiri kekanan. 

Warna merah sendiri memberikan penekanan pada warna Perusahaan mereka yang mana sebelumnya memang menggunakan warna merah maroon ini. 


2. Efisien 

Kenapa gue memasukan point efisien, karena memang itu pesan dari para Bapak-bapak dewan yang duduk meeting sama gue terakhir. Lalu apa efisiennya bentuk company Profile yang gue rancang ? 

Company Profile
Jadi bentuk sesungguhnya dari Company profile ini ada didalamnya, dan itu bentuknya adalah buku. Dimana cover depan merupakan penutup dari company Profile itu sendiri. Dan akhirnya cover bisa menjadi dua fungsi, yaitu sebagai cover company Profile dan yang kedua jika dipisahkan dari bukunya maka dia akan berfungsi sebagai Map / Folder untuk membawa dokumen. 

Itulah yang gue bilang sebagai efisien, jadi mereka tidak perlu membuat dua material korespondensi melainkan hanya membuat satu materi saja dan dapat berfungsi menjadi dua, yaitu sebagai company Profile dan Map. 

3. Efektif 

Untuk efektif ini gue mencoba mengkalkulasikan biaya dan lama pengerjaan produksinya paska perencanaan selesai. Untuk pembuatan Company Profile seperti ini paling lama akan menghabiskan waktu 5 hari (kalau menggunakan jasa produksi gue juga loh yah). Karena salah satu hal yang terpenting untuk company profile ini kita juga harus memikirkan lama waktu untuk produksinya. 

Mereka menginginkan bentuk yang tidak mahal saat produksi, dengan pengajuan gue ini dengan segmen client yang mereka ceritakan adalah A dan B maka jenis ini akan menjadi opsi tidak terlalu mahal tapi secara segmen akan mengena. 

Dan untuk membuat lebih efektif lagi maka gue ajukan model ini karena memang jika memang mereka kehabisa company profile mereka akan segera bisa mendapatkannya kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama. 


Company Profile
Ini jadi sangat penting difikirkan, karena jika memang habis lalu waktu produksinya sangat lama, berarti itu sama dengan Perusahaan tidak memiliki Company Profile selama itu. Nah dari gue mencoba membuatnya lebih efektif dengan bentuk yang seperti gue udah tunjukan diatas. 

Nah sekarang tinggal menunggu kabar atas pemenang dari pitching ini. Peserta hanya 3 Perusahaan yang mengikuti kegiatan Picthing ini. Pengumumannya akhir bulan ini. 
 





Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments