Berganti-ganti template blog (mengasyikkan)

By March 28, 2016 ,


Sebelum Gue menggunakan domain ini, Gue terlebih dahulu membuat blog dengan domain blogspot, dan sampai sekarang alhamdulillah sudah tidak pernah di update lagi. Waktu itu gue pakai domain blogspot untuk membuat blog tutorial tentang seputaran grafis dan lainnya. Saya sekarang sudah sering aktif pada domain yang ini, maka yang lainnya akan segera saya hapus, karena memang sudah terlalu banyak blog yang saya buat. 

Mulai ngeblog sih dari tahun 1998, waktu itu pernah mencoba wordpress tapi akhirnya gue lebih nyaman menggunakan blogspot. Salah satu nikmatnya ngeblog adalah tantangan mengonta-ganti themes pada blogspot kita sendiri, gue sering mencobanya.

Pada domain ini saja gue udah dua kali mengganti template blog untuk gue gunakan. Kebetulan gue dulu sempat ikut kelas mata pemorgraman Orientasi Obyek dimana waktu itu adalah digunakan untuk website, maka alhasil gue bisalah dikit-dikit merubah tampilan blog gue, kayak yang sekarang lo lihat dihalaman gue sekarang.

Desain halaman blog gue yang lainnya
Sebenarnya terkadang gue suka ketawa kalau ada orang yang menyinyir, bikin website kok pakai blog, padahal gue sering membuatkan itu juga. Jawaban gue, kenapa gak boleh, toh dari blogspot pun membolehkan kita untuk bisa menggunakan domain yang akan kita pilih dengan menggunakan hosting mereka, jadi seharusnya sah-sah saja loh (kalau menurut gue yah).

Biasanya kalau ada kawan yang datang, dan dia memiliki usaha kecil mau minta dibuatkan website sederhana, maka gue menawarkan mereka menggunakan blogspot dengan membeli domain. Buat gue sama aja kok secara fungsi jadinya akan tetap seperti website, kalau masalah bagus atau nggak-nya kan tergantung lagi template mana yang akan kita pilih (jangan samakan tapi yah dengan website yang memang super ribet).

Template bisa anda unduh secara gratis dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan Anda, Anda bisa lihat tempat untuk download template :

Btemplate (salah satu tempat favorit gue)
Bagus-bagus nih disini (cuma berbayar, tapi setimpal kok dengan hasilnya)
Cek juga disini
Ini juga lumayan, banyak template yang responsif
Nah Anda bisa pilih-pilih sendiri deh mana yang Anda suka, lalu kalau memang Anda mau tempil lebih prima, beli aja templatenya, lalu Anda tinggal masuk kedalam html-nya dan rubah-rubah sesuai dengan keinginan Anda.

Itu yang bikin menarik, kalau gue sendiri biasanya tahap pertama mencoba dulu, kalau memang cocok dan long life (bisa bertahan lama), gue beli juga template-nya. Buat menyalurkan hobi saja, abis gue udah gak boleh ngerjain website lagi sama partner gue, karena dia bilang harus fokus di kreatif saja, jadinya untuk pelampiasan

Susah gak sih merubah-rubah codingnya ? 

Kalau ada yang menanyakan hal diatas gue biasanya menjawab, tergantung berapa banyak waktu lo buat ngoprek, tekun sama seberapa besar rasa ingin tahu lo. Jawaban gue cuma itu saja kok. Gue pernah kok mendapati kawan gue oprek sendiri blog-nya yang notabennya dia gak pernah kuliah IT, dan itu berhasil. Sempet kaget juga gue, tapi akhirnya gue lihat memang keinginannya dia besar sekali untuk ingin tahu.

Kalau dibilang susah, untuk ukuran saat sekarang ini apa sih yang susah sebenarnya ? tinggal kitanya saja yang males apa nggak. Permsalahannya kan cuma disitu, kalau lo rajin minum susu setiap hari sama pantengin youtube, apa yang lo pingin tahu pasti dapet deh, gue sering melihat keajaiban-keajaiban itu kok.

Sampai-sampai gue bilang sama seluruh partner kerja gue, bahwa client sekarang itu bukan orang bodoh, kita lihat youtube mereka juga lihat youtube, cuma perkaranya mereka tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya makanya meminta bantuan kita. Sudah tidak bisa sekarang kita memberikan penjelasan-penjelasan yang bersifat membodoh-bodohi client, jangan coba-coba deh, nanti kita akan malu sendiri kalau masih menjalankan cara-cara itu.

Era teknologi saat ini sangat memungkinkan client mudah sekali mendapatkan informasi. Setiap hari, setiap detik selalu saja terjadi perubahan-perubahan informasi. Maka dari itu sudah saatnya kita memang kreatif untuk memanfaatkan sumber informasi untuk segala sesuatu yang berbau positif dan bisa membantu orang lain.

Buat Anda yang ingin mencoba template-template-nya silahkan dicoba, salam hari minggu, selamat berkreatifitas kawan-kawan.






Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments