CD Interactive Untuk Annual Report Sebuah Perusahaan

By March 24, 2016


Seorang client menghubungi gue untuk datang kekantornya mereka, karena mereka bilang ada masalah (Pekerjaan) yang harus gue selesaikan dikantor sana. Gue tanya dulu kepada mereka, jenis pekerjaannya apa dulu niy, event, pengerjaan desain, produksi atau apa, ternyata sangkaan gue salah semua, dia bilang sama gue, ini pekerjaannya membuat program multimedia, kata orang yang berada dibalik telpon tersebut. Oke, ketika set meeting ketemu waktunya ke-esokan harinya pukul 11.00 siang. 

Pada saat ke-esokan harinya, gue datang kesana, lalu gue bincang-bincang dengan client. Lalu tidak lama client mengeluarkan laptopnya, menunjukkan sesuatu kegue. Dia bilang Mas Arie bisa buat kayak gini gak ?


Ya Ampuuuuuuuuuuuuun, ini mainan gue tahun 2001 gue baru masuk kampus IT waktu itu. Ini dibuat menggunakan Makromedia Flash (jaman dulu) sekarang namanya jadi Adobe Flash. Selain dari Adobe Flash dulu ada juga makromedia director yang bisa membuat CD Interactive ini. Jawaban gue "Bisa" (bisa aja dulu, pusingnya mah belakangan).

Dia meminta dibuatkan untuk model seperti ini dengan bentuk yang berbeda. Cuma dasarnya memang ini nantinya dibuatkan untuk Annual Report sebuah Perusahaan. Cuma sekarang masalah yang terbesarnya bukan itu, melainkan waktunya. Mereka meminta gue mengerjakan ini dalam waktu 4 hari kerja.

Jumlah halamanya adalah 560 halaman untuk Annual Reportnya nanti. Ini dia nih tantangannya, mantab, gue suka yang kayak gini. "Okeh, kasih gue waktu mikir sehari yah, besok akan segera gue kabarin.

Malam harinya gue oprak-oprek, tanya kawan, tanya rumput, tanya kucing, pokoknya semuanya deh gue tanya. Gue harus ngasih solusi datang kekantor mereka besok.

Dan hasilnya dalam waktu semalaman gue dapat juga solusinya, gue akan tawarkan dua solusi pada esok hari untuk client gue. Akhirnya gue bisa tidur juga dengan lelap saking lelapnya besoknya gue kesiangan, shiit !

Tapi tenang aja, gue janjian sama client gak ada jam-nya, jadi gue bilang sama dia hari ini gue janji siangan gue ketempat mereka. Siapin kendaraan, cus pergi deh ketempat client tersebut dibilangan Jakarta Pusat.

Sampai disana gue sampaikan kepada mereka, sekarang kita urai masalahnya, gue punya dua solusi untuk masalah lo bro.

1. Klarifikasi masalah base on date line maka gue kasih liat seperti gambar dibawah.
2. Klarifikasi masalah base on Quality maka gue minta waktu pengerjaan diundur menjadi 12 hari.

CD Interactive yang gue bikin malam tadi
CD Interactive
Kalau mau seperti contoh diatas, maka gue bisa mengerjakan dalam waktu 3 hari. Cuma untuk masalah desain pada model ini memang terbatas. Kalau seumpama mau full desain maka gue minta mereka mengundurkan Dateline-nya. Gue membutuhkan waktu 12 hari kerja. Karena memang Flashnya sendiri harus bangun dari awal.

Gue presentasi bersama client
Dan akhirnya mereka meminta waktu untuk bisa berdiskusi kepada client mereka. Semuanya akan disampaikan kepada client mereka, inginnya seperti apa. Okeh, sekarang gue udah bisa undur diri, tinggal menunggu kabar dari mereka.

Gue bilang juga kepada mereka, minimal kabarnya paling lambat besok, mengingat waktu terus berjalan.





Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments