Serunya di Rumah Pelangi dan Kelas Pendidikan Lego

By March 11, 2016 ,

Sebuah wadah yang dibuat oleh beberapa anak muda yang ingin memberikan pendidikan lewat cara yang kreatif ini sudah ada sejak lama. Ketika itu gue sempet mampir dan banyak ngobrol lah dengan para pendiri dari rumah pelangi ini. 

Gue bincang dengan Aji dan Om Faisal waktu itu, dan mereka bercerita banyak tentang visi mereka yang salah satunya adalah mencerdaskan generasi penerus bangsa lewat cara-cara yang kreatif. Salah satu yang gue kenang dari rumah pelangi ini adalah mereka membuka kelas pendidikan lego, dimana memang banyak sekali lego mereka yang diberikan sebagai sarana pendukung dari pendidikan yang mereka buat. 

Koleksi Lego di Rumah Pelangi
Kelas yang dibuka memang biasanya untuk anak-anak 8 s/d 12 tahun, walaupun kalau ada yang usianya lebih dari 12 tahun mereka masih tetap mengajak bermain bersama. Banyak yang bisa didapat dari hasil pembelajaran dari pendidikan lego ini, salah satunya adalah ketekunan dan pengembangan dari kreasi sang anak.

Mereka diajarkan untuk bisa berkreasi dengan diberikan lego yang memang masih tidak berbentuk. Dan tidak jarang juga mereka mengadakan event untuk mempertunjukkan sebuah diorama dari lego yang mereka kreasikan sendiri.

Lego dari Kelas Pendidikan Rumah Pelangi
Selain dari kelas lego disana juga terdapat kelas menggambar, dimana memang banyak sekali anak-anak yang berdatangan ketempat Rumah Pelangi ini. Untuk biaya, mereka sama sekali tidak menarik pungutan biaya untuk bisa bergabung bersama kelas pelangi ini. Dimana mereka memang ingin mendedikasikan pemikiran mereka untuk membangun wadah ini.

Salah satu karya gambar dari anak-anak yang berada di Rumah Pelangi
Gue sangat salut dengan gebrakannya yang mana pada saat sekarang ini sulit sekali kita mendapatkan sebuah wadah yang dibuat memang khusus untuk anak-anak dan diberikan secara gratis. Mereka menciptakan ini dan sampai sekarang sih kalau gak salah sudah hampir dua tahunan atau bahkan lebih.

Adjie Maulana
Si Oncom satu ini adalah salah satu pengagas ide dari Rumah Pelangi tersebut. Mantan pengajar drum di Purwacaraka ini memang selalu saja melahirkan ide-ide yang "gila" kalau gue bilang sih. Dia itu sangat progresif sekali bergerak, gue inget banget diundang sama si oncom satu ini keacara jam session diatas rumah pelangi ini bersama yuke "Dewa" dan bersama lainnya.

Gue bilang oncom karena memang idenya berantakan kayak oncom, huahahaahahaha (Piss Ji). Tapi biar bagaimana gue sih selalu liat perkembangannya walau jarang ketemu karena memang dianya sibuk sekali (kayak oncom, tetep), jadi gue biasanya mantau lewat sosial medianya terutama Facebook fanpage atau pribadinya dia.

Buat Anda yang ingi bergabung dengan Rumah Pelangi, mungkin Anda bisa melihat informasi lebih lanjutnya lewat :

Fan Page Facebook mereka :
https://www.facebook.com/KelasPendidikanLego

Atau langsung ke Mas Adjie Maulana oncom :
https://www.facebook.com/adjie.maulana

Kalau lokasi dari Rumah Pelangi ini ada dibilangan Cipete, Jakarta Selatan. Karena menurut gue sih belajar itu gak selalu berada didalam kelas, pentingnya kita mengeksplore dari bakat anak-anak kita harusnya bisa dilihat dari banyak sisi salah satu sisinya seperti ditempat Rumah Pelangi yang mas Adjie Maulana Oncom ini buat.




Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments