Arti Sebuah Lambang Pada Botol Plastik

By April 23, 2016 ,


Kalau kita perhatikan dengan seksama, ada beberapa symbol yang tertera didalam botol Plastik, dan kebanyakan orang tidak menghiraukan arti dari simbol tersebut. Pada beberapa simbol menunjukkan bahwa botol tersebut tidak dapat diisi ulang dan digunakan untuk diminum kembali. Buat Anda yang ingin mengetahui makna dari simbol yang berada didalam kemasan botol plastik, yuk ikutin postingan gue kali ini.
Lambang Pada Botol Plastik
http://www.techandlife.com/tag/recycling-symbols/
Lambang-lambang yang berada pada botol Plastik ternyata sangat penting artinya untuk kita ketahui, sebagai sikap berjaga-jaga dari bahaya benda plastik ini. 

Jika kita melihat bagian pada botol plastik maka disana akan tertera lambang, Pete, HDPE, V, LDPE, PP, PS, dan lain-lain. Berikut arti dari lambang-lambang tersebut : 


Lambang segitiga bernomer ini mempunyai arti Daur Ulang. Adapun nomer dan keterangan dibawah merupakan makna tersendiri, seperti : 

1. PETE  (Polyethylene Therepalate)

Pada symbol yang bernomer 1 dengan tanda PETE, itu menandakan bahwa botol sebaiknya digunakan sekali pakai. Botol bisa berbahaya jika kita menggunakan berulang-ulang. Apalagi botol tersebut dilakukan untuk pengisian air panas. Maka akan menyebabkan lapisan polimer pada botol tersebut akan  menyebabkan Karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Dan selain dari penyakit kanker banyak dampak negatif yang akan ditimbulkan jika botol ini digunakan berulang-ulang. 

2. HDPE (High Density Polyethylene)

Botol yang berlambang nomer 2 dengan bacaan HDPE ini aman digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman. Botol yang menggunakan jenis HDPE ini adalah Galon, tempat shampo, wadah plastik untuk makanan. Namun ini pun masih disarankan untuk menghindari pemakaian yang berulang-ulang, karena kimia yang berada dalam botol bila dipakai secara terus menerus akan menyebabkan penyakit walau tidak sefatal jenis PETE. 

3. V ( Polyvynil Choloride)

Lambang dengan nomer 3 dan bertuliskan "V" biasanya menggunakan warna merah pada implementasinya di botol. Bahan Plastik dengan tulisan "V" ini sangat sulit didaur ulang. Disarankan untuk menghindari plastik dengan jenis ini untuk menyimpan makanan, karena akan menyebabkan beberapa penyakit seperti, gagal ginjal, gangguan hati, dll. Untuk plastik jenis ini biasanya diaplikasikan kepada, Kantong plastik yang berwarna hitam, botol yang lentur, perabotan rumah tangga yang jenisnya plastik, dll. 

4. LDPE ( Low Density Polyethylene)

Pada lambang ini sering kita jumpai pada botol yang lembek dan biasa dipakai untuk tempat makanan. Plastik berjenis ini agak kuat dan agak tembus cahaya. Plastik berjenis ini bisa didaur ulang sangat cocok untuk barang-barang yang kita makan. Plastik ini mempunyai resistensi yang baik terhadap reaksi kimia. 

Terus gak niy ?? 
Kepanjangan yah, kita potong jadi dua artikel aja yah ?  (hah, jangan, oke deh) 


5. PP (Polypropylene)

Plastik pada jenis ini sangat tahan dengan suhu yang teramat tinggi. Plastik yang berjenis "PP" (bukan Pemuda Pancasila loh) ini merupakan pilihan terbaik, terutama untuk keperluan makanan dan minuman. Dan yang paling terpenting lagi adalah, ini plastik terbaik untuk botol susu anak anda. Karakteristik jenis plastik ini tidak jernih alias berkabut. Untuk jenisnya pasti anda sudah bisa terbayang bukan. 

6. PS (Polystrene)

Playstation lagi, bukannnnn. 

Polystrenen merupakan bahan baku untuk membuat steroform, jadi jika anda melihat steroform bahan bakunya menggunakan jenis ini. Biasanya digunakan untuk minuman yang sekali pakai. Jadi saran Gue jangan digunakan dua kali.

7. Other  

Terbuat dari bermacam-macam plastik, kebayang gak ? 

Sudah pasti dari semua ini yang paling bahaya. Jika anda mendapatkan lambang ini pada plastik anda, usahakan itu digunakan untuk benda yang bukan makanan. Kita tentu bisa kebayang, penyakit nomer 1 sampai 6 kita campur disanan. 


Setiap logo pasti akan menyampaikan pesan, lalu tinggal bagaimana kita membaca pesan dari logo-logo tersebut. Jangan terlalu masa bodo dengan hal yang seperti ini, karena jika kita salah dalam berulang-ulang dalam penggunaan plastik ini akan membahayakan bukan hanya diri kita sendiri, melainkan bisa juga terjadi kepada anak kita, saudara kita, cucu kita, dll. 

Maka sudah saatnya kita pelajari apa yang belum kita pahami. 




Salam kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments