Mc Donnald dan Ray Kroc

By April 21, 2016


Dari sudut pandang seorang marketinglah sebuah perusahaan sebesar Mc Donald bisa maju pesat. Nama Mc Donalad's tidak bisa dipisahkan dari Ray Kroc. Tapi Kroc bukanlah pencipta dan pemilik asli dari resto Fast Food terbesar didunia ini, ada apa sebenarnya ... 

Hingga tahun 2004, tercatat 30.0000 resto Mc Donald's ada diseluruh dunia. Mereka melayani rata-rata perhari 50.000.000 orang. Inilah sebuah fakta yang dilahirkan dari restoran siap saji terbesar didunia.

Mc Donald's didirikan oleh 2 orang yaitu Dick dan Mc Donald. Kalau anda mengatakan ini dibuat oleh Ronald seperti nama maskotnya mereka itu salah besar. Sejarah Mc D ini tidak sama dengan KFC yang didirkan oleh maskotnya. 

Ray Kroc, yang saat itu bekerja sebagai salesman juga ikut serta sebagai partner. Belakangan muncul masalah. Sifat Ray sebagai salesman yang agresif bertentangan dengan Dick dan Mac. Lewat pertikaian panjang, Ray akhirnya mengambil alih Mc Donald's. Hasilnya restoran Mc D ini melesat ketingkat dunia. 

Salah satu alasan Ray Kroc menanam investasi pada Mc D ini adalah sistem pelayanan yang baru. Speedee Service System, System pelayanan yang diperkenalkan oleh Dick dan Mac pada tahun 1948. 

Dengan system ini membuat pelanggan tidak perlu menunggu lama-lama untuk menyantap makanan mereka, karena memang sudah siap saji. Ini merupakan satu terobosan baru pada jaman itu. Keunggulan ini adalah menjadi modal kuta untuk memajukan perusahaan ini. 

Ray memutuskan mengambil alih perusahaan ini pada tahun 1961. Ia membeli sebagian besar saham dan royalty dari Mc D ini. Ditangan Roy Mc D dapat berkembang pesat. Tahun 1965 saham Mc D bisa dibeli oleh Publik. 

Strategy yang digunakan adalah Dia menerapkan system ban berjalan Henry Ford, membuat pesanan makanan apapun bisa dilayani dengan cepat. Selain itu dia menerapkan system standard rasa. Jadi percayalah, dimanapun anda menyantap makanan Mc D pasti hasilnya sama (rasanya). 

Rasa yang sama menurut Ray adalah satu standarisasi yang sangat penting. Ia yakini bahwa rasa merupakan image bilamana memang ingin berinvasi lewat strategy frenchise. Begitupun dengan soal frenchise restonya, Ray menetapkan standard yang ketat. Terutama soal bagaimana makanan itu dibuat. 

Tapi dalam bidang pemasaran untuk frenchise, dia menetapkan satu aturan yang longgar. Berdasarkan dengan pengalaman dia yang cukup lama dalam bidang salesman maka dia percaya setiap Regional daerah mempunyai peraturan yang berbeda-beda pula. 

Di Indonesia Mc D didirikan pada tanggal 23 Februari 1991, tepat lokasinya berada di Sarinah. Kini outletnya sudah ada puluhan di Indonesia. Ray Kroc meninggal pada tanggal 14 Januari 1984, pada usia yang ke 81 tahun. 

Dari sekilas kisah dari Ray Kroc kita bisa mengambil beberapa pelajaran yang bermanfaat untuk usaha kita. Dimana image merupakan hal penting. Dan juga penetapan standarisasi harus benar-benar serius dirancang. Semoga kisah ini dapat menambah wawasan dan pengalaman anda dalam berusaha. 





Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments