Proses Press Kaos Untuk Kaos Polo Shirt Anda

By April 21, 2016 ,


Proses pembuatan kaos seragam itu memang banyak caranya, kali ini gue mau share tentang proses Press Kaos menggunakan mesin press dan mesin cutting sticker yang bisa nantinya Anda gunakan untuk seragam Anda. Untuk Anda yang ingin mengikutinya, silahkan baca pada postingan kali ini. 

Menggunakan mesin press menurut gue salah satu alternatif untuk Anda yang ingin membuat sebuah seragam untuk kantor Anda. Namun diingatkan sebelumnya, menggunakan proses ini hanya bisa untuk logo atau tulisan saja, atau memang gambar yang satu warna, karena memang dengan cara ini kita tidak akan bisa mencetak untuk warna yang gradasi. 

Untuk logo yang gradasi bagaimana ? 
Nah pertanyaan itu biasanya gue jawab dengan simple, pada saat Anda membuat logo, gue selalu memberikan logo dengan satu warna saja. Karena memang terkadang ada beberapa media yang tidak cocok dengan warna-warna gradasi, atau tidak bisa melakukan untuk warna yang gradasi. Contohnya pada mesin ini, dia tidak bisa digunakan untuk warna-warna yang gradasi, cara mengatasinya adalah, minta designer Anda yang membuatkan logo untuk membuat logo Anda menjadi satu warna saja. 

Hal yang pertama kita lakukan adalah mempersiapkan perencanannya. Kalau kali ini gue ingin membuat seragam untuk polo Shirt maka gue punya dua bidang yang gue bisa berikan materi, bidang depan kaos dan bidang belakang kaos. 

Maka mulailah membuat desain perencanaannya, didepan ingin diletakkan apa dan dibelakang ingin diletakkan apa. 

Gue pakai kaos dasar polo shirt berwarna putih kali ini, maka pertama kali adalah membuat desain-nya.

Desain menggunakan Ilustrator
Lalu desain dimasukkan kedalam software untuk mesin cutting sticker dan sekarang memilih bahan menggunakan material apa. Untuk bahan kali ini gue menggunakan material bludru, dimana nanti hasilnya akan menjadi bludru pada bagian tulisan yang akan ditempelkan kepada kaos. 

Bahan Sticker Bludru
Warna yang gue pilih adalah biru tua sesuai dengan warnanya dari Fabian Studio. Oh iya, pada proses ini pada warna, tidak terlalu banyak pilihan warnanya. Kalau biru ada biru langit, biru muda, dan biru tua, untuk custom warna maka tidak bisa dilakukan. 

Karena dasarnya warna yang dipilih sesuai dengan material stickernya. Kalau memang warna yang Anda inginkan ada stickernya, maka Anda bisa gunakan untuk materi Anda. 

Mesin Cutting Sticker
Bahan dimasukkan kedalam mesin Cutting Sticker, lalu sang mesin akan mengikuti potongannya sesuai dengan desain yang kita buat diawal. 

Proses Pengelupasan Sticker
Setelah di-cutting sudah tentu hasilnya tidak terkelupas sendiri, maka kita harus melakukannya menggunakan tangan. Disinilah keterampilan tangan dibutuhkan, buat tangan-tangan yang gak apik, gue saranin jangan ikutan pada proses ritual ini, karena susah bener. 

Proses Press Kaos
Setelah selesai sticker dikelupas, maka proses selanjutnya adalah sticker ditempelkan pada baju sesuai dengan keinginan Anda. Diletakkan didepan terlebih dahulu, lalu langsung di press menggunakan mesin press (pemanas). 

Alhasil nanti Sticker akan menempel pada baju dikuatkan dengan mesin pemanas yang jadinya akan menyatu dengan bahan. Harap diingat, bahan sticker ini memiliki jenis yang berbeda dengan sticker yang biasa digunakan untuk variasi motor, jika Anda ingin berbelanja material sticker ini, bilangnya untuk kebutuhan press kaos bukan variasi motor. 

Kalau Anda menggunakan Sticker variasi motor, hasilnya sudah tentu material sticker tidak akan merekat dan menyatu dengan kaos yang Anda gunakan. 

Mesin Press Kaos
Waktu pemanasan pada kaos adalah 30 detik untuk satu bagian. Jadi kalau untuk dua bagian maka dibutuhkan waktu 60 detik untuk satu kaos. 

Kaos hasil jadinya
Nah untuk jadinya Anda bisa dilihat pada gambar diatas. Untuk kekuatan selama Anda menyuci kaos ini dibalik, maka seharusnya ini bisa bertahan selama 1 tahunan. Proses mencuci disarankan jangan terlalu berat, karena memang walaupun kuat kalau kena gosok sikat cucian sablonan yang paling bagus aja tetap hancur. 

Proses pengerjaan dari awal sampai akhir untuk membuat 3 kaos memakan waktu 1 jam. Itu dikarenakan proses cutting pada sticker-nya agak lama ditambah lagi proses pengelupasan materi stickernya. Kalau hanya press nya saja sebentar, seperti yang gue katakan diatas, hanya membutuhkan waktu 60 detik saja untuk dua bagian. 

Hasil Baju jadi
Untuk permasalahan harga ini sangat variatif ditawarkan, gue buat ini menghabiskan dana Rp. 90.000,- persatu kaos, walaupun sama orang produksi sendiri tetap harus bayarlah. 

Hasil Jadi Press Kaos
Diluar sana ada yang menjual dari 90 rb sampai dengan 120 ribu, hitungan ini variabelnya adalah material sticker yang Anda gunakan jenisnya apa, lalu baju yang Anda gunakan juga jenisnya apa. Lalu ada harga jasa untuk press, karena memang mesin ini menggunakan listrik yang sangat besar. 

Yup kurang lebih seperti itulah proses press kaos dengan menggunakan mesin cutting sticker dan material stickernya, selanjutnya gue akan membahas proses-proses yang lainnya. 

Salam Kenal sahabat-sahabat ...... 






Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments