Teori Full Colour Pada Percetakan

By April 09, 2016 ,


Full Colour, biasanya kita masih bingung kenapa disebut dengan full colour pada dunia percetakan. Lalu bagaimana proses melihat cetakan yang full colour dengan yang bukan, dan selanjutnya apa artinya dengan 4/4, 4/1, 1/1, dll  pada saat kita membuat sebuah pekerjaan untuk percetakan. Simak postingan gue kali ini akan mencoba membahas seputar permasalahan tersebut. 

Full Colour sering sekali didengar dari orang yang akan mengerjakan proses pekerjaan untuk cetakan kita. Apa sebenarnya dengan full colour itu sendiri dalam dunia cetak, dan seperti apa kita mengetahui bahwa memang itu full colour atau bukan ?

Full Colour (warna penuh) dalam dunia percetakan sekarang itu adalah sebuah warna yang dihasilkan oleh Cyan, Magenta, Yellow dan Black atau yang sering disebut dengan CMYK. Kita terkadang melihat padahal pada materi yang akan kita cetak hanya memiliki beberapa warna saja, tapi kenapa disebut dengan full colour ?

Simak gambar dibawah ini :
Warna merah yang dibuat berdasarkan 4 warna (Cyan, Magenta, Yellow, Black)
Berapa warna ?
Nop, ini bukan satu warna, melainkan ini dihasilkan oleh 4 warna. Kalau gak percaya lihat tabulasi warna dibawah ini :


Lihat pada sebelah kanan gambar, dimana warna merah dihasilkan dari :

Cyan : 23%
Magenta : 100 %
Yellow 43%
Black : 4%

Jika presentase disebelah kanan terisi oleh angka, maka itu bisa dibilang pada saat cetak akan disebut dengan Full Colour atau Warna Penuh. Jadi bukan satuan warna yang terlihat didalam sebuah gambar, namun warna tersebut merupakan warna campuran dari beberapa warna dalam tabel CMYK.

Nah, kalau kita baca pada sebuah surat penawaran yang diajukan oleh para usahawan Percetakan kita akan diberikan data cetak 4/4, apa maksudnya ?

Cetak 4/4 itu berarti cetakan itu dikerjakan dua muka dan 4 warna untuk halaman depan selanjutnya 4 warna untuk halaman belakang. 4 Warna tersebut adalah CMYK, jika seumpama 4/1 maka halaman depan 4 warna dan halaman belakang 1 warna. 4/0 maka cetakan tersebut hanya satu sisi saja cara membacanya adalah 4 warna untuk halaman depan dan halaman belakangnya tidak dicetak.

Analogi proses cetak
Analogi proses cetak
Analogi proses cetak
Jadi kalau memang ingin melihat apakah warna tersebut terdiri dari 4 warna atau satu warna, maka Anda bisa mengeceknya pada software Adobe Photoshop Anda. Disana Anda bisa melihat dengan cara menyamakan warna pada gambar Anda. Jadi jangan langsung nebak itu adalah satu warna, padahal warna tersebut dihasilkan melalui tinta Cyan, Magenta, Yellow, Black.

Selamat berkreatifitas kembali kawan-kawan, semangat dan sukses selalu.














Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments