Tips Membangun Billboard

By April 22, 2016 ,


Secara makna Billboard adalah Papan berbayar (jika kita artikan kedalam bahasa Indonesia). Yah sampai saat ini Billboard masih tetap digunakan sebagai bahan promosi yang efektif untuk mengkampanyekan iklan anda. 

Ada satu anggapan bahwa sebuah product bilamana sudah di Billboardkan diarea-area padat pengguna jalan maka product tersebut akan menjadi tinggi tingkat awarness publicnya. Maka sekarang seperti berdesak-desakan papan billboard dipinggir-pinggir jalan protokol di Ibukota Jakarta.

Ukuran dari Billboard sangat bervariatif mulai dari 4x8 meter, 5x10 meter, 6x12 meter sampai dengan 8x16 meter. Harap diingat untuk akurasi pandangan mata bagi audience yang melihat ini menjadikan hal yang sangat dipertimbangkan dalam pembuatan Billboard. Anda bukan hanya membuat sebesar-besarnya saja tapi juga efisiensi viewnya memang harus difikirkan. 

Semakin besar billboard semakin mahal produksinya. Ingat Pajak yang akan disetorkan kepada dinas-dinas terkaitpun semakin mahal. Untuk View dalam kota ukuran 5x10 meter sudah sangat baik dan efisien bagi audience yang melihatnya. Jika ukuran 8x16 meter itu biasanya digunakan dipinggir-pinggir kota. 

Akan sangat sulit sekali membuat perizinannya jika anda memaksakan membuat ukuran 8x16 meter untuk area dalam kota. Bahkan bisa-bisa izin anda tidak keluar. Bagi estimasi orang produksi fabian mengatakan akan sulit mendapatkan izin bilamana membuat ukuran yang lebih dari 5x10 meter untuk dalam kota, terlebih lagi itu dilakukan di Jakarta. 

Hal yang kedua difikirkan dalam pembuatan Billboard adalah merancang kekuatan kosntruksinya. Antara ketinggian dengan kedalaman. Jangan sampai Konstruksi billboard anda melukai orang dengan rubuhnya konstruksi. Bukan tidak akan mungkin terjadi, kita sudah sangat sering melihat kejadian rubuhnya konstruksi sebuah billboard dikarenakan tidak cermatnya membuat sebuah estimasi bangunan. 

Penggunaan single pole (satu tiang penyangga) atau double Pole pun harus dipertimbangkan dengan cermat. Dan juga faktor tekanan kekuatan angin pada suatu daerah. "Sangat sulit pasang billboard dijakarta mas" Kilah orang produksi yang biasa membangun sebuah billboard. Ketika Gue  tanyakan mengapa jawabannya adalah angin di Jakarta ini sangat kencang walaupun sudah tertahan dengan gedung-gedung tinggi tetap saja angin diatas itu sangat kencang. 

Memang harus dihitung sangat matang untuk melakukan pembangunan billboard diaerah Jakarta. Tidak seperti Di Jogjakarta yang jauh lebih aman untuk faktor anginnya. Jadi sebuah inti dari semua pembicaraan Gue dengan orang produksi fabian dan orang produksi yang berpengalaman membangun Billboard adalah membuat estimasi billboard tidak bisa sembarangan. 

Perencanaannya juga memang harus matang dan tepat. Kita memang harus melihat faktor geografis dari medan yang ingin dibangun. Dan perencanaan visual juga tidak kalah pentingnya. 

Bagi anda yang ingin membuat Perencanaan Billboard disarankan benar-benar harus mendengarkan beberapa masukan dari konsultan anda jika tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Lama pembuatan untuk pembangunan satu billboard bisa membutuhkan waktu 1 sampai 2 bulan. 

Estimasi waktu ditentukan dari kesulitan area pemasangan dan perizinannya. Jangan lupa sisipkan biaya bongkar karena ini juga merupakan salah satu biaya pendukung dalam pembuatan Billboard. 





Salam Kreatif
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments