Mengetahui Jenis Sticker dan Kegunaannya

By April 21, 2016 ,


Sticker merupakan salah satu material yang seringkali digunakan untuk material promosi. Ada beberapa jenis sticker dan kegunaannya yang akan gue bahas pada postingan kali ini. Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang membuat sebuah perencanaan material promosi Anda, yuk ikuti postingan gue kali ini. 

Sticker Vynil 

Sticker ini merupakan Sticker yang paling banyak digunakan untuk material promosi. Sticker ini memiliki sifat yang tahan air karena memang bahannya terdiri dari campuran plastik. Sticker ini bisa digunakan untuk : Branding mobil, Papan nama, Neonbox, Kaca, dll. 

Mobil Branding menggunakan Sticker Vynil
Selain kaca biasanya proses penempelan sticker pada mobil menggunakan sticker vynil, kecuali pada bagian kaca yang menggunakan Stciker Oneway Vission. Sticker ini memiliki harga permeter, kisaran harga mulai dari Rp 70.000 sampai dengan Rp. 90.000,- tergantung tempat printingnya biasanya. 

Yang bisa mencetak sticker vynil ini adalah digital printing luar ruang, yang memiliki mesin lebar 3 meter. Bahan paling lebar untuk Sticker vynil adalah 3 meter untuk panjangnya terserah. 

Sticker Oneway Vission

Seperti yang dibahas diatas, untuk mobil branding pada bagian body biasanya menggunakan sticker vynil, tapi untuk bagian kaca banyak yang menggunakan bahan oneway Vission, itu dikarenakan bahan ini tidak mengganggu pandangan untuk melihat keluar, akan tetapi dari luar tidak dapat melihat kedalam.

Texture Sticker Oneway Vision
Texture untuk sticker ini bolong-bolong seperti gambar diatas yang gue share. Selain untuk branding mobil, biasanya sticker ini digunakan untuk bagian kaca ruko atau kantor. Harga stciker Oneway ini berkisar Rp. 90.000 sampai dengan Rp.150.000,- permeter.

Oneway Vission ditempel pada kaca Kantor
Juga bisa berfungsi untuk mengurangi sinar matahari yang masuk kedalam kantor jika memang kantor Anda berada dipinggir jalan dan berhadapan dengan matahari langsung. Produksi sticker ini bisa Anda dapatkan pada tempat digital printing. Proses printing biasanya menggunakan Printer Outdoor.

Sticker Sandblast

Selanjutnya ada sticker sandblast, yang biasanya digunakan untuk kaca kantor ataupun kaca ruko. Fungsi dari sticker ini adalah membuat ruangan pada bagian dalam tidak dapat terlihat, dan begitupun kita yang didalam tidak dapat melihat kebagian luar.

Sticker Sandblast
Salah satu fungsi dari sticker ini biasanya digunakan untuk menahan sinar matahari. Kalau Anda ingin membuat sticker ini, maka Anda harus ke vendor yang memiliki mesin cutting sticker. Karena proses pengerjaan sticker ini biasanya dicutting.


Selain Anda bisa membuat perencanaan pada gambarnya, Anda juga bisa memilih sticker sandblast ini yang memang sudah ada bentuknya. Biasanya ada beberapa jenis pattern yang ditawarkan untuk Sticker sandblast ini. Untuk harga sticker ini memiliki harga Rp.50 sampai dengan Rp. 70,- /cm

Sticker Chromo

Bahan yang paling menyerupai vynil adalah sticker Chromo. Sticker ini biasa digunakan untuk poster-poster muka caleg. Kalau kita naik angkutan umum khususnya angkot, biasanya ada gambar muka yang dipajang dengan memberikan copywriter "pilih saya" saya bla bla bla ......
Nah materi itu biasanya menggunakan sticker chromo.


Sticker Chromo itu 80% HVS dan 20% Plastik, jadi jenis sticker ini sangat rentan dengan air. Jika terkena air sticker ini biasanya langsung rusak. Sticker Chromo bisa didapatkan pada percetakan Offset karena memang proses printingnya biasanya menggunakan mesin Offset.

Sticker HVS

Sesuai dengan namanya, sticker ini memang terdiri dari 100% HVS. Contoh sticker HVS ini bisa kita lihat pada label Tom and Jerry. Biasanya sticker ini juga digunakan untuk caleg-caleg yang memang ingin mendapatkan harga yang termurah.

Sticker jenis ini memang memiliki harga yang jauh lebih murah dari sticker lainnya. Jika ada caleg yang mau narsis tapi irit yah pakai ini aja, cuma permasalahannya dengan sticker HVS ini kena air langsung hancur.

Sticker Transparan

Bahan Sticker ini biasanya digunakan untuk kaca dan untuk Papan nama. Kelebihan dari sticker transparan ini kita bisa print dengan teknik Mirror jadi jika untuk papan nama maka lapisan akriliknya bisa dipakai sticker transparan tapi pada bagian dalam neonbox.

Sticker Transparan
Proses pengerjaan printingnya bisa menggunakan mesin digital printing indoor atau bisa juga disablon. Harga dari Sticker transpara ini biasanya dihitung per-meter. Harga permeternya Rp. 80.000 sampai dengan Rp. 150.000,- 

Untuk Sticker transparan ini biasanya gue lebih sering implementasikan kepada neonbox, karena memang kalau sticker ini ada didalam akrilik, akan membuat tahan lama untuk gambarnya. Karena posisi panas terhalang oleh Akrilik terlebih dahulu tidak langsung kepada materi. 

Sticker 3M

Sticker jenis ini biasanya juga digunakan untuk variasi motor. Jenis bahan sticker ini biasanya juga bisa digunakan untuk papan nama dan jendela. Proses pengerjaan untuk Sticker 3M ini biasanya menggunakan mesin Cutting Sticker. 


Sticker jenis ini banyak sekali kita jumpai dipinggir jalan raya. Harga dari sticker ini sudah plus cutting bisanya Rp. 70 sampai dengan Rp.100 per centimetar. Gue juga terbilang cukup sering menggunakan materi sticker ini untuk papan nama.

Bahan 3M untuk papan nama
Nah sticker 3M itu adalah sticker terakhir yang gue tahu yang biasa juga gue gunakan. Jika ada tambahan yang lainnya mungkin dilain kesempatan akan gue share kembali. 

Terima kasih sudah membaca blog pribadi gue, sukses selalu untuk usaha Anda. 






Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments