Berbicara Lewat gambar

By May 21, 2016 ,


Hal yang paling fantastis buat gue adalah melihat sebuah karya yang dapat membuahkan komunikasi, seakan ingin menyampaikan sebuah pesan. Dimana karya itu tidak harus selalu lewat digital, manual ilustrator, atau apapun bisa menjadi satu karya yang sangat luar biasa. Kali ini gue mengumpulkan sebuah karya visual yang memang memilki banyak arti, khususnya untuk saat-saat ini, dimana trend yang terjadi mengalahkan hal-hal yang lainnya. Simak yuk postingan gue kali ini. 


Gadget dan Social Media 













Kita bisa melihat sebuah gambar yang memang memiliki arti seperti diatas. Batas-batas normal sudah terlewati oleh satu trend yang dinamakan dengan era sosial media. Akhirnya kita harus berani mengakui, bahwa sosial media juga banyak memiliki andil dalam kemunduran dari kata sosial itu sendiri. 

Banyak dari mereka yang memang membangun sebuah realasi sosial hanya didalam dunia maya. Yang dimana tingkat kepedulian sesama seolah-olah luntur oleh Era baru saat ini. Kita bisa menulis dengan indah satu keprihatinan-keprihatinan yang sedang terjadi, dan tidak sedikit yang hanya menulis padahal yang ditulis itu adalah kejadian yang terjadi didepan matanya. 

Yang mana pada saat itu respon terbaik pada saat itu yang bisa ia lakukan adalah menolongnya, akan tetapi dia tidak mengindahkannya dan sementara menulis sebuah kalimat keprihatinan yang sedang terjadi didepan matanya. 


Sebuah Pesan Moral








Angle berita bukan lagi berdasarkan dari keseimbangan, melainkan dilakukan atas kepentingan-kepentingan sendiri. Padahal kita mengetahui dengan baik, bahwa apa yang dikaryakan oleh seorang jurnalis haruslah bisa seimbang, tidak boleh berat sebelah. Namun kalau melihat realita yang terjadi sekarang ini, media pemasak berita sering kali menyajikan makanannya yang memang memiliki tingkat kepentingan yang tertitipkan. 

Cara hidup, cara pandang dan cara kita sebagai manusia yang rela menjual apapun demi kepentingan pribadi-pun dituangkan lewat gambar diatas. Dimana orang rela menjual bumi kita ini demi menghasilkan uang untuk kepentingan pribadinya. Ironis memang saat ini, dan gambar tersebut dibuat dengan jujur oleh pengkaryanya. 

Dan beberapa gambar lagi memang menggambarkan kebiasaan-kebiasaan kita dalam perihal keserakahan, kebiasaan buruk dengan Junk food, dan sebagainya. 

Terus terang gue salut dengan orang yang membuat karya gambar-gambar ini. Dimana tanpa text tanpa diarahkan dengan kalimat, gambar ini sudah sangat mampu bercerita atas apapun yang ingin mereka sampaikan. 

Gambar diatas dibuat oleh berbeda-beda pengkarya-nya. Tapi kalau dilihat secara keseluruhan, pesan yang disampaikan sangat jelas bisa kita mengerti. 

Dan hal yang terakhir yang ingin gue sampaikan, gambar diatas bukan merupakan karya dari gue. Gue hanya kagum dan akhirnya membuat satu postingan diblog gue untuk bisa gue lihat lagi nantinya, baik dari PC gue sendiri ataupun dari Android gue suatu saat nanti. 





Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments