Ebook Sosialisasi Demam Berdarah untuk Android

By May 26, 2016 ,


Beberapa waktu yang lalu gue bikin ebook untuk sebuah Perusahaan yang diperuntukkan sosialisasi Rabies. Dan kali ini gue ditanya kembali, bisa gak kalau ebook itu pada saat membuka bukunya ada animasi buku terbuka. Gue bilang, BISA ... lalu dia minta buatkan dulu dengan beberapa halaman dengan materi yang akan dia kirim. 

Lalu gue dikirimin sama dia materi yang akan diaplikasikan kepada buku tersebut. Bentuknya komik untuk sosialisasi demam berdarah kali ini. Hampir sama materinya cuma berbeda kontennya, kalau waktu itu untuk penanganan rabies, kali ini untuk penanganan demam berdarah. 

Maka gue coba membuatnya, lalu gue kirimkan demonya kepada dia dalam bentuk file android yang bisa diinstal. Waktu untuk pengerjaannya membutuhkan 5 hari kerja untuk pembuatan buku tersebut. 

Untuk contoh demonya gue udah upload di Youtube, bisa dilihat dibawah nih : 


Tingkat kesulitan pada pengerjaan ini adalah membuat aplikasi menjadi file yang akan diinstall di Android. File yang dibutuhkan untuk pembuatan ebook Android ini bisa JPG atau PDF. Jadi Client saya tinggal memberikan file pdf atau Jpg-nya, maka gue sudah bisa mengerjakan ebook ini.

Menarik dan tidaknya buku ini tergantung dari design yang dibuat pada bagian dalam buku. Fungsi Animasi hanya menambah ketertarikan orang untuk membaca 10% saja. Karena memang jujur, ini bukan aplikasi yang baru untuk ebook yang seperti gue buat.

Terkadang mulut lebih dulu bilang bisa dibanding berfikir bagaimana cara mengerjakannya. Jujur, setelah gue bilang bisa, baru gue cari caranya bagaimana membuat ebook ini. Agak nekat sih memang, tapi buat gue sebelum bilang bisa, setidaknya sudah kebayang bagaimana proses pembuatannya. Bukannya berarti gue bilang bisa untuk sebuah pekerjaan yang belum pernah tahu prosesnya. Tapi setiap gue bilang bisa, biasanya memang sudah terbayang cara mengerjakannya cuma memang belum pernah mengerjakannya.

Lagi-lagi beruntungnya gue pernah mengenyam pendidikan IT waktu kuliah dulu, jadi gue cuma ngebayang itu pasti bisa gue kerjakan.

Dan saat ini gue tinggal menunggu komik itu selesai, langsung gue buatin full versionnya. 



Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments