Makna symbol Pentagram

By May 22, 2016 ,


Berhubungan dengan setan ? kata siapa ? 
Lihat pada wikipedia arti dari Symbol Pentagram deh yang mana disana dijelaskan simbol ini tidak ada hubungannya dengan setan, iya kan ? nih kalau gak percaya ...

Symbol Pentagram merupakan symbol tertua di Dunia. Simbol ini sudah digunakan sejak 4000 tahun sebelum masehi. Jika kita melihat pada wikipedia symbol ini adalah lambang berbentuk bintang berujung lancip yang berjumlah 5. So ? itu aja gak ada yang lain kan. 

Sedangkan kata pentagramnya sendiri diambil dari bahasa Yunani yaitu Pentagrammon (lihat pada wikipedia) yang mempunyai arti bergaris lima atau lima garis. 

Lalu kenapa ini selalu dihubungkan dengan satanic Symbol ? Bagaimana ceritanya kalau sebuah maknanya hanya bergaris lima atau lima garis dihubungkan dengan satanic symbol. Baiklah coba kita buka sejarahnya sedikit. 

Pada awalnya Pentagram digunakan oleh kaum pagan untuk symbol yang religius. Tapi jika kita konversi kata pagan pada jaman sekarang maka akan menghasilkan pemuja setan. Tapi kita harus mengerti dahulu nih kondisinya dan sejarahnya jangan mengikuti katanya. 

Asal kata dari pagan adalah Paganus (bahasa Perancis) yang berarti adalah penduduk negeri. "Kaum Pagan" dengan kata lain mempunyai arti adalah orang-orang desa yang tidak terindoktrinasi, yang berpegang teguh pada agama pedesaan tua yang menyembah kepada alam. 

Pada jaman dahulu kaum Gereja sangat takut kepada orang-orang yang tinggal dipedesaan itu atau mereka sering menyebut the villes, sehingga kata yang dulu sama sekali tidak berbahaya yang mempunyai arti "penduduk desa berubah menjadi Jiwa yang jahat. 

Pada jaman itu Pentagram merupakan simbol yang erat kaitannya dengan symbol pemujaan alam. Nenek moyang kita jaman dahulu kala melihat dunia ini dengan dua bagian yaitu laki-laki dan perempuan. Para dewa dewi selalu menjaga keseimbangan alam. 

Sama konsepnya seperti Yin dan Yang. Ketika laki-laki dan perempuan seimbang, munculah sebuah harmoni didunia ini. Tapi sebaliknya jika mereka tidak seimbang maka yang muncul adalah kekacauan.  Pentagram juga sering dikait-kaitkan  sebagai "perempuan suci" atau Dewi yang hebat. Pada bahasa lain Pentagram juga bisa menyombolkan Venus - Dewi Sex, Cinta, dan kecantikan Perempuan. 

Agama yang pertama berdasarkan pada tatanana suci alam, Dewi Venus dan Planet Venus adalah sama. Dewi itu memiliki tempat dilangit dngan banyak nama lain seperti : Venus, Bintang Timur, Ishtar, Astarte semua merupakan sebuah konsep perempuan yang kuat dengan ikatan kepada alam dan Ibu bumi. 

Planet Venus sendiri berjalan mengikuti alur dari symbol pentagram yang sempurna menyebrangi langit eklip setiap delapan tahun. Dimana para leluhur pada jaman dahulu kala sangat terpesona menyelidiki fenomena ini, bahwa Venus dan pentagramnya menjadi sebuah simbol dari kesempurnaan. 

Nah seperti itu sejarahnya tidak lebih. Satu paradoks yang ada pada saat sekarang kepada peniaian kita mengenai pentagram ini merupakan kekeliruan yang sangat tidak beralasan. Banyak yang mengetahui bahwa symbol ini merupakan simbol yang selalu ada hubungannya dengan setan apapun alasannya. 

Tanpa mengetahui sejarahnya kita tidak akan pernah tahu dari mana simbol itu tercipta dan untuk alasan apa symbol tersebut ada. Maka dari itu saya lebih banyak membaca artikel sejarah dari symbol-symbol atau yang disebut dengan ilmu semiotika yang dapat meluaskan pandangan saya. 

Jika ada yang ingin menambahkan silahkan berikan komentar pada postingan saya ini. 





Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments