Selamat Tinggal Adobe Firework (Re-posting)

By May 09, 2016 ,


Saya mengenal firework ini dari jaman saya masih duduk dibangku kuliah, yang pada saat itu masih didevelop oleh Makromedia. Dan beberapa tahun yang lalu kita sama-sama tahu bahwa Makromedia diakusisi oleh Adobe. 

Beberapa software seperti Flash, Dreamweaver dan Firework salah satunya yang diakusisi oleh Adobe. Jika kita melihat mulai dari Adobe CS2 Package sudah mengikut sertakan Flash, dreamweaver dan Firework dalam satu bundle CD Adobe Creative Suite. 

Software yang memiliki Icon berwarna kuning ini resmi dihentikan developnya oleh Adobe sejak tanggal 6 Mei 2013. Cukup mengejutkan memang, ada beberapa fungsi yang memang sangat diandalkan pada software ini. 

Ketika Adobe tidak memilih Makromedia Freehand untuk diakusisi kita sama-sama tahu bahwa Adobe sendiri sudah memiliki Adobe Ilustrator yang jauh lebih lengkap dari Freehand, maka pada saat itu Adobe tidak mengakusisi untuk Makromedia Freehandnya. 

Akan tetapi jika kita melihat pada Firework ini seharusnya software ini memang memiliki differensiasi sendiri terhadap software grafis yang dimiliki oleh Adobe. Meskipun memiliki fungsi yang sama seperti Dreamweaver yaitu software pendukung pembuat website, akan tetapi Firework tetap memiliki tool yang memudahkan kita dalam pembuatan desain untuk Website. 

Tapi biar bagaimanapun, Adobe tetap punya jawabannya sendiri atas keputusannya menghentikan mengembangkan software Adobe Firework. 

Namun biar begitu Adobe tetap berjanji untuk menjual Adobe Firework CS6 dan juga memperbaiki Bugsnya. Walaupun itu tidak merubah untuk tidak lagi mengembangkan Software tersebut alias "selesai". 

Mudah-mudahan Adobe dapat menggantikan semua fungsi yang ada di firework nantinya. Entah dengan mengembangkan tools pada Dreamweaver menjadi lebih canggih lagi atau membuat varian baru untuk software dalam pengembangan pembuatan website. 



Salam Kreatif,
Arie fabian 

You Might Also Like

0 comments