Tips Mencegah Penipuan pada Sosial Media (Internet)

By May 29, 2016 ,


Dari tahun ketahun gue selalu saja bersimpati kepada korban yang memang terkena penipuan lewat internet. Baik dari sosial media maupun dari situs belanja online. Karena memang jujur saja, dengan adanya orang-orang ini, maka kita para pelaku yang sering berinteraksi lewat internet seperti gue ini menjadi sangat dirugikan. Kali ini gue dapat cerita inspiratif dari sebuah media online. Cerita itu masih seputaran tentang penipuan yang terjadi di jagat maya, dan orang ini keren banget dalam mengantisipasinya, simak yuk. 

Gue lihat cara menangani penipuan jagat maya yang dilakukan oleh orang ini sangat inspiratif, makanya gue ceritakan ulang pada blog gue kali ini, mudah-mudahan buat Anda yang membaca menjadi refrensi cara pencegahan penipuan yang terjadi di jagad maya ini. 

Orang ini menggunakan dua tools yang pertama adalah Handphone-nya dan yang kedua mungkin laptop atau Komputer. Yang terjadi adalah, orang ini diberikan Pesan berantai yang menawarkan sebuah mobil dengan harga yang cukup murah sekali. Dan yang ditawarkan adalah mobil Honda Jazz. Selanjutnya Anda bisa melihat chattingan yang saya sadur ulang dari media online tersebut. 





KTP si Pelaku
Dilanjutkan dengan chattingan berikutnya dibawah :


Bukti Transfer Editan yang diberikan oleh korban kepada si Penipu
Dengan polosnya si Penipu mengakui kehebatan dari si Korban dalam hal pencegahan. Setidaknya ada beberapa langkah yang menurut gue bisa kita pelajari dari si Korban, yaitu :
  1. Jangan mudah percaya begitu saja kepada barang yang ditawarkan kepada Anda dengan harga murah. Murah kalau memang tidak masuk akal menurut gue sih itu tidak akan pernah mungkin terjadi pada kamus transaksi manapun.
  2. Identitas, dimana pada kasus ini identitas tidak bisa langsung dipercaya. Karena ternyata Identitas yang diberikan adalah identitas palsu. Bisa jadi si Pelaku menemukan atau mencari KTP yang memang sudah direncanakan untuk digunakan untuk kasus-kasus seperti ini. 
  3. Banyak membaca, kalau kita lihat dengan melakukan tindakan Ri-cek KTP dengan menggunakan Aplikasi Android ini, maka ini gue bisa bilang si Korban terlebih dahulu banyak membaca kasus-kasus sebelumnya. Dengan begitu dia bisa melakukan pencegahan, sehingga tidak terjadi penipuan yang angkanya lumayan fantastis, Rp. 68.000.000,- Coba, kalau terjadi beneran, pastinya itu akan menjadi malapetaka untuk dirinya. 
Untuk Aplikasi cek KTP, Anda bisa mengunduh Aplikasi tersebut lewat Android Anda, gue gak tahu apakah di IOS ada atau tidak. Caranya :

Cari Di Playstore Anda Aplikasi CEK KTP
Lalu Open Aplikasinya setelah sudah diinstall pada Android Anda
Anda tinggal masukkan No KTP yang ingin Anda ketahui pada Aplikasi ini

Lumayan cukup inspiratif kalau menurut gue, mudah-mudahan tulisan yang gue tulis ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca blog gue. Gue tetap bilang, LAWAN KEJAHATAN DIDUNIA INTERNET APAPUN JENISNYA.


Sumber berita :
Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments