Transfer Papper dan Seputarannya

By May 09, 2016 ,


Seseorang bertanya melalui telp kegue, pertanyaannya seputar transfer papper. Jadi dia melihat di sebuah Mall, ada kertas yang bisa digunakan untuk membuat gambar pada satu media, media itu biasanya kain. Lalu dia bertanya bagaimana sih cara kerjanya, Gue bilang sama dia, malam ini akan gue bahas di blog gue yah, ha ha ha ... (Promo). 

Transfer Papper merupakan satu kesatuan dari teknologi cetak Press. Karena biasanya jika kita membeli mesin press, maka kita bisa memilih paketan dengan transfer Papper dan printernya. Namun menurut hemat gue, kalau memang mau mencoba-coba (membuat sedikit), lebih baik Anda menggunakan jasa cetak saja ditempat yang memang menyediakan jasa cetak dengan menggunakan transper Papper ini. Nanti akan gue jelaskan kenapanya. 

Kita juga bisa mengakali dengan cara demikian, beli transfer pappernya, lalu print di printer kita dan panaskan menggunakan Gosokan atau setrika.


Bisa ? 
Jawabannya bisa, cuma ketahanan dari hasil transferan dari kertas itu lagi-lagi tergantung dari jenis tinta pada printer Anda. Kalau Anda menggunakan tinta yang water base (jenis tinta Dye), maka beberapa kali cuci itu akan luntur. 

Yang paling ideal untuk penggunaan tinta adalah menggunakan tinta Pigmen. Tinta pigmen memiliki kekuatan yang agak tahan lama dibandingkan dengan tinta Dye, dan ada satu tinta lagi yang namanya adalah tinta Sublime. Dimana tinta ini memang lebih kuat daripada tinta Pigment cuma jika Anda print menggunakan tinta sublime maka Anda akan mendapatkan kualitas gambar dengan warna yang turun, alias tidak sama dengan gambar yang ada dikomputer. 

Lalu apa kegunaan mesin press itu sendiri kalau bisa menggunakan Setrika-an ? 

Panas yang dihasilkan oleh Setrika-an terkadang tidaklah merata. Kalau memang gambar digosok menggunakan Setrika-an dan pas pada bagian panas yang tidak merata, maka gambar akan terlihat tipis tebal karena memang panas pada lempengan setrika-an tidak merata. Maka dari itu, lebih baik menggunakan mesin press yang memang banyak dijual diwilayah seperti mangga dua, Jakarta Barat. 

Nah, cuma ada satu hal pengalaman gue dengan mesin ini, ketika kita menggunakan mesin press kita harus bertanya terlebih dahulu listrik yang diperlukan. Pada saat itu gue menggunakan mesin press yang memerlukan daya 1200 watt kalau gak salah. 

Nah kalau kita hanya berkeinginan membeli mesin press ini untuk memproduksi kaos, gue punya pengalaman gak ada untungnya. Karena sekarang kita tahu sendiri, harga kaos semakin di press (murah) oleh beberapa konsumen, kalau kita tidak bisa menghitungnya maka diakhir bulan uang sisa dari hasil produksi hanya untuk membayar listrik (pengalaman). 

Sekarang ini memang ada mesin press yang menggunakan energi listrik dibawah itu. Cuma lagi-lagi gue bilang, ngitungnya harus bener kalau memang tidak ingin rugi atau memang hanya mendapatkan keuntungan yang kecil dan tidak sebanding dengan capeknya. Jangan salah loh, kalau udah ketemu 300 sampai dengan 500, press itu lumayan cukup berat. 


Tapi kalau Anda menggunakan mesin press ini untuk sesuatu yang unik dan bisa dijual dengan harga yang bagus, menurut gue sih masih masuk akal dibandingkan Anda hanya berharap mesin press ini hanya untuk mencetak kedalam medium kaos. 

Permasalahan yang kedua, ketika printer kita menggunakan tinta Pigmen atau sublime, maka printer kita harus menggunakan system Infus. Yang kalau kita tidak pintar-pintar memilih infus yang baik maka perawatan printer itu bisa sangat menyebalkan. Karena kita akan dikit-dikit menggotong-gotong printer tersebut ke tempat kita membuat infusan tinta printer kita, iya kalau dekat, kalau jauh, ruaaaaaaaaar biasa. 

Jadi kembali lagi seperti gue bilang diatas, kalau memang Anda baru berniat mencobanya, maka Anda bisa kunjungi orang-orang yang memang sudah usaha demikian. Biasanya di Mall-mall seperti Thamrin City, Pamulang Square, Tanah Abang, dan pusat perbelanjaan seperti ITC Ambasador ada kok. Jangan lantas beli mesinnya, walaupun harga dari mesin ini sangat terbilang murah. 

Untuk paketan harganya biasanya Anda ditawarkan harga mulai dari 5 juta lengkap dari mulai press mug, Pin sampai degan kaos. 

Pertimbangkan dengan matang ketika memang Anda ingin membeli alat ini. Daripada nanti tidak terpakai setelah beberapa kali pengerjaan mendingan dicoba dulu melipir ketempat-tempat yang gue sebutkan tadi diatas. 





Salam Kreatif, 
Arie Fabian

You Might Also Like

0 comments