Cutting Sticker Vs Digital Printing Untuk Shop Sign Anda

By June 09, 2016 ,


Shop Sign, merupakan hal vital yang pertama kali menjadi representasi atas informasi yang akan Anda berikan kepada Konsumen Anda. Tidak terlepas itu Retail ataupun Kantor, maka yang Anda fikirkan pertama kali adalah Shop Sign Anda. 

Selain itu, Shop Sign juga merupakan bagian dari kegiatan Branding Anda, karena memang dengan Shop Sign ini Anda bisa menyebarkan Brand Anda kepada masyarakat umum. Belakangan ini gue melihat, ada perubahan secara teknis penggunaan material kepada Shop sign ini. 

Sebagai contoh sebagai usaha Retail seperti Alfamart, Indomart dan Seven Eleven, kalau kita perhatikan mereka lebih memilih menggunakan Cutting Sticker dibandingkan Digital Printing menggunakan Sticker ataupun Fleksi. 


Pertanyaannya kenapa mereka tidak menggunakan bahan digital Printing, melainkan menggunakan Cutting Sticker pada medium Akrilik. Itu dikarenakan kita sangat sulit sekali sekarang menemukan bahan material Digital Printing yang memang memiliki tinta yang awet alias tidak pudar.

Kalau kita menggunakan material Cutting Sticker seperti yang digunakan oleh Alfamart dan kawan-kawannya, maka material branding itu akan kuat bertahun-tahun. Coba kalau materialnya diganti menggunakan Fleksi, paling awet sekarang untuk ketahanan sebuah Fleksi satu tahun.

Maka tahun kedua mereka harus mengganti materi visualnya, agar bisa mendapatkan warna yang prima yang sesuai dengan Branding mereka. Berbeda dengan bahan Cutting Sticker, dengan menggunakan bahan Cutting Sticker ini mereka tidak perlu mengganti visual branding mereka dengan yang baru. Karena warna yang dihasilkan oleh Cutting sticker ini bukan dari Tinta, melainkan memang warna sticker itu sendiri.

Kekurangan dari Cutting Sticker itu sendiri adalah, warna yang tidak memiliki banyak pilihan. Karena memang warna dari bahan Cutting Sticker ini pastinya terbatas. Kita tidak bisa menggunakan Warna-warna yang agak dalam. Seperti warna biru contohnya, bahan cutting sticker ini tidak memiliki banyak pilihan warna biru.

Tapi kalau berbicara tentang ketahanan, maka material ini lebih tahan lama dibandingkan dengan Fleksi. Jadi itulah sebabnya kenapa yang merencanakan Branding dari usaha Retail tersebut menggunakan material Cutting Sticker untuk Shop Sign-nya mereka.





Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

2 comments

  1. jadi lebih ngerti bedanya sticker cuuting sama digital gan, kalo bisa cantumin juga gan saran dimana bagusnya psen sticker heheh :D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah berkunjung, Nanti gue bahas lebih detil tentang Cutting Sticker ...

    ReplyDelete