TIps Mengurangi Bunyi Kipas yang Berisik Pada Macbook


Kemarin gue habis mengganti kaca handphone gue yang pecah, selagi gue akan mengganti, ada seorang wanita yang bertanya ditempat gue mengganti Kaca Handphone. Lalu dia bertanya, kalau mau diinstall ulang Ipad ini bisa gak, dia menunjukkan Ipad-nya. Bisa, jawab si orang yang berjualan ditoko tersebut. 

Lalu dia sebutkan biayanya 600 ribu rupiah. Karena dia harus back up datanya, terus install ulang Ipadnya. Rasanya lidah udah mau ngomong, bahwa itu gratisan, data bisa disimpan di cloud, dan instal ulang tinggal di reset doang, tapi gue tetep jaga etika untuk tidak menyerobot rezeki si pemilik toko Handphone tersebut. Karena gue tahu, kalau dia memang sedang berjualan. 

Dari ilustrasi diatas, gue sangat menyayangkan si wanita pengguna Ipad ini kenapa males bener browsing. Minimal ke Support Apple yang jelas-jelas disana ada petunjuknya, bagaimana kita me-reset ipad kita. 

Nah, sekarang kasusnya terjadi pada Macbook gue. Dimana suara kipas yang dihasilkan dari macbook gue sangat berisik banget. Ketika gue browsing, gue dapat beberapa cara untuk membuat si kipas menjadi tidak berisik lagi. 

Salah satu cara reset ram dengan menekan 3 tombol secara bersamaan dalam kondisi Macbook mati. Oh iya gue pakai Macbook pro, dan akhirnya gue menemukan cara yang agak ampuh cuma memang agak sulit. Lumayan lah buat yang mau coba. 

Disk Utility
Pada dasarnya gue tahu, kipas yang berisik itu karena memang kerja dari prosesornya sudah overload. Maka dari itu ada beberapa kemungkinan yang memang bisa menyebabkan si Kipas bunyi menjadi sangat besar.

Gue coba lakukan dengan cara membuka Disk Utility, lalu kita langsung klik Repair disk Permission. Tunggu sampai prosesnya selesai, baru lanjut ketahap yang kedua. Proses Repair Disk ini tidak memakan waktu yang lama. 

Spotlight Search
Lalu masuk ke Spotlight Search > ketik Activity Monitor 

Activity Monitor
Activity Monitor
Nah langsung deh masuk ke Memory, tinggal pilih yang mana yang tidak terpakai maka Anda bisa close aplikasi tersebut dengan menekan tombol silang pada pojok kiri atas. Dengan begitu maka bisingnya si kipas macbook akan hilang. 

Kalau gue tinggal lihat, apabila memory used nya sudah sangat mepet dengan Physical memory, itu memang pertanda harus ada yang di Close kalau memang bisingnya kipas pada macbook Anda mau tidak berisik. 

Disarankan sangat hati-hati dengan menutup dari aplikasi yang berjalan. Walaupun kalau Anda salah close Anda bisa booting ulang alias matikan dan hidupkan kembali akan jalan kembali. Cuma Anda ingat apa yang barusan Anda close sehingga bikin Macbook Anda menjadi Crash. 

Gue catat di Blog sebagai pengingat juga, kalau suatu saat ada masalah lagi dengan kipas macbook gue, maka gue tinggal lihat blog gue sendiri deh, he he he. 

Mudah-mudahan cara gue bisa juga membantu para pembaca blog gue yang memang kebetulan memiliki masalah yang sama dengan gue, yaitu kipas pada macbook berdesing kencang banget sampai mengganggu kita. Apalagi kalau bekerja pada malam hari, makin kedengeran deh tuh kipas kalau memang berisik. 



Salam Kreatif, 
Arie fabian

Comments

  1. nyari disk utility dimana yaa? ko di macbook saya adanya startup disk... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal ketik pada kolom search sebelah kanan paling atas, ketik saja disk utilities ...

      Delete
  2. thanks for this helpful info! check how to clean your Macbook keyboard A1706 A1707 A1708 after coffee spill here:
    http://zapplerepair.com/solution-Macbook-A1708-A1709-keyboard-got-liquid-difficult-hard-to-press.html

    ReplyDelete
  3. yuk mampir kesini juga untuk segudang rahasia macbook dan iphone kalian http://www.arimagedon.ml/

    ReplyDelete
  4. Macbook Pro Retina 15 inci A1398 kipas bising dan bersuara keras

    http://zapplerepair.com/Macbook-Pro-Retina-15-inci-A1398-kipas-bising-bersuara-keras.html

    ReplyDelete
  5. Makasih sarannya, saya mau coba juga nih. Kebetulan macbook jadul saya akhir-akhir ini kipasnya selalu bunyi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terima kasih sudah berkunjung ke blog gue

      Delete
  6. kak, cara diatas bakal bikin kereset ga data2nya?

    ReplyDelete
  7. mas Febian,
    saya baru bsaca nih blog mas.. hehe.. ada warisan dari adik saya macbookpro 2008-2009 yah.. nah kipasnya bunyi. kapan itu saya bawa ke service saya liat bukanya.. mmg kipas sblh kiri (salah satunya lah) bunyi keras, bunyinya karena ky nya seret, kl disentuh normal.. kmd di bersihkan lah itu fan gak bunyi bungkus bw pulang, sampe rumah bunyi lagi haha.. apa bisa metode mas saya coba? atommg hrs ganti fan? thanks mas mdh2an di baca hehe.. salam dody

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gak bisa deh,itu mah kayaknya harus ganti kipasnya
      #ariefabian

      Delete
  8. halo mas saya udah close tapi nanti adalagi gimana ya?

    ReplyDelete
  9. Halo mas, kalo bunyi karena karena abis update OS itu sama ga caranya? Oia ini buat macbook air 2020 sih, semoga dibaca ya hehe, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibaca kok, tergantung mas. Itu memang dari os upgradenya, atau memang dari faktor yang lain. Kalau secara logika, dari OS bisa terjadi, karena memang ada spek macbook jika kita upgrade OS kita pada bagian hardwarenya ada yang seperti dipaksa kerjanya.

      #ariefabian

      Delete
  10. Mas, ini maksudnya gimana ya? Disarankan sangat hati-hati dengan menutup dari aplikasi yang berjalan
    Apakah maksudnya sebaiknya yang ditutup itu aplikasi yang tidak sedang kita buka? dan apa maksudnya mac kita ada potensi jadi crash ketika salah klik aplikasi mas?

    dan apa konsekuensi menutup aplikasi tersebut? apakah maksudnya aplikasinya dihilangkan dari Macbook kita.

    Pertanyaan terakhir mas, apakah cara diatas dapat diterapkan di MAcbook Air 2020? Makaasih banyak mas, terima kasih sudah membagikan informasi yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasi yang sedang berjalan itu bisa jadi adalah aplikasi pendukung dari OS itu sendiri, jadi kalau kita close maka si OS akan bermasalah, atau bisa sampai restart ulang. walaupun pada saat restart ulang akan kembali normal.

      Konsukwensinya udah gue jawab diatas.

      Sepertinya sama saja, dicoba aja mas.
      #ariefabian

      Delete

Post a Comment