Pengalaman Membuat Aplikasi Ebook untuk Android dan IOS

By June 25, 2016 ,


Tahun ini akhirnya client menyetujui untuk membuat aplikasi ebook hanya untuk Android. Karena proses pengalaman tahun lalu yang lumayan cukup berat untuk bisa upload di IOS. Perbedaannya membuat ebook pada IOS dan Android pada saat proses upload-nya. 

Ebook yang kita sudah selesaikan dengan file yang berbasis pdf dapat dengan mudah kita upload kedalam Android. Kita tinggal masukkan ke google Playstore dan selesai. Agak berbeda dengan ebook yang akan kita upload kedalam IOS. Dengan menggunakan I tunes maka tidak semudah kita buat untuk Android. 

Ada beberapa ketentuan yang akhirnya pada tahun lalu gue gagal mengupload ebook yang akan disebarkan untuk client gue. Sekalipun gue buat ini adalah milik pemerintahan Indonesia, karena memang ebook itu dikeluarkan melalui Departemen Kesehatan. 

Pada saat itu akhirnya jalan terakhirnya gue menggunakan Wayang Force untuk menyewa rak buku mereka. Sifat sewanya adalah tahunan. maka kita akan diberikan waktu selama yang kita sewa. Jika waktu sudah habis, maka kontrak harus diperpanjang. 


Isi ebook yang ditampilkan wayang didalam Android dan IOS pun berbeda. Dimana ebook yang ada di IOS pada wayang ini bukanlah buku sembarangan. Karena kebayangkan, kita letakkan buku kita disana berbayar. Agak berbeda dengan Android, bisa dibilang Wayang ini sangat berguna sekali untuk ebook di IOS.

Waktu itu memang ada beberapa pilihan yang memang menyediakan jasa seperti ini. Berhubung gue pertama kali telpon Wayang Force, dan penjelasan dan pelayanannya sangat baik sekali, maka gue udah gak bisa berpaling lagi kepada yang lain. Alias gue gunakan deh jasa dia.

Nah, kalau yang mau lihat aplikasi ebook yang gue bikin, Anda bisa masuk ke Playstore atau wayang force untuk IOS, tinggal browsing aja Komik Rabies.

Silahkan diunduh ....




Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments