Perbedaan antara RGB dan CMYK (By Experience)

By June 12, 2016 ,


Hari ini gue diminta untuk membuat desain untuk kebutuhan Backdop acara buka bersama istri gue. Dan itu harus dikirim ke temennya untuk bisa dilihat terlebih dahulu. Maka yang gue lakukan adalah buat desainnya dan kirim lewat Handphone. Nah dari sinilah cerita postingan blog gue ini dimulai tentang RGB dan CMYK, simak yuk ... 

Begitu gue save kedalam handphone setelah selesai gue buat, ternyata pas gue lihat didalam gallery terjadi perubahan warna. Dari apa yang gue rencanakan sama apa yang gue lihat di handphone. Bisa dilihat lewat gambar dibawah ini : 

Desain yang gue kerjakan menggunakan Macbook gue
Dan hasil yang gue di handphone kayak gini nih yang gue lihat di Handphone : 

Gambar gue save dengan menggunakan Mode CMYK
Bisa dilihat perbedaannya nggak ? 
Yup, untuk warna pada ornamen yang hijau ada perubahan warna pada saat gue buka di Handphone. Lalu kedua kalinya gue save lagi pakai mode RGB maka hasilnya seperti gambar dibawah : 

Desain gue save dengan mode RGB
Kalau udah kayak gini harusnya bisa lebih jelas membedakan antara RGB dan CMYK. Dimana akhirnya ada warna yang memang beneran turun ketika gambar tersebut kita buka pada Handphone. Oh iya, handphone yang gue gunakan untuk ini adalah Handphone Xiaomie Rednote 2. 

Dan kalau bicara masalah kerapatan warna untuk Handphone gue sendiri yang udah-udah gak pernah ada masalah. Jadi ini bukan permasalahan Handphone gue, tapi pure, masalah mode warna yang memang beda antara RGB dan CMYK. 

Dan satu hal lagi yang gue baru tahu atau lebih tepatnya baru sadar, ternyata besar File dengan desain yang sama antara mode RGB dan CMYK beda. Baru nyadar, selama ini gue gak pernah perhatiin, ternyata lebih besar File yang disave menggunakan Mode CMYK. 

Ini File Gue Save di Mode RGB (Size Filenya 487 KB)

Ini gue Save dengan Mode CMYK (Size Filenya 1.2 MB)
Buahahahahahahahahahahahahaha  ....... 
Selama ini gue baru sadar, ternyata ada perbedaan ukuran File yang disave menggunakan RGB dan menggunakan CMYK. 

Untuk kedua File tersebut (RGB dan CMYK) file akan lebih besar kalau kita Save dalam bentuk CMYK. Mungkin karena memang jumlah warnanya lebih banyak CMYK kali yah daripada RGB. Selama ini gue kira size pada file sama, karena ditentukan oleh dimensi dari desain itu sendiri, ternyata nggak begitu, mode warna juga mempengaruhi. 

Selamat berhari sabtu kawan, semoga hari libur ini merupakan hari libur yang menyenangkan buat Anda sekalian. Sukses selalu untuk Anda, para pembaca blog pribadi gue, Thank You .....





Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments