Pisau Untuk Cetakan (Pond)

By June 07, 2016 ,


Membuat Amplop Undangan adalah sebuah pekerjaan yang lumayan komplilatif. Permasalahannya jika kita membuat dari awal amplop tersebut maka kita akan menemukan permasalahan memotongnya. Jika Undangan tersebut ada 500 maka pertanyaannya apakah kita bisa stabil memotong sebanyak 500 buah Amplop. 

Pertanyaan itu sudah bisa dijawab, dan jawabannya adalah TIDAK MUNGKIN. Sekalipun mungkin pasti membutuhkan waktu yang sangat lama. Lalu untuk mendapat shortcut nya maka kita harus membuat pisau pond.

Pisau Pond adalah pisau yang dibentuk dan digunakan untuk memotong dalam jumlah banyak. Bikin pisau ini hampir bisa dikatakan mengeluarkan biaya yang lumayan. Harga tergantung dari tingkat kesulitan bentuk pisaunya, 


Pisau diletakkan pada tatakan papan atau kayu yang berfungsi agar pisau tersebut timbul dan bisa memotong kertas yang akan berhadapan. Jika kita lihat diataas pisau berbentuk amplop undangan diatas berfungsi untuk memotong kertas kotak dan akan menjadi bentuk amplop secara penuh. 

Untuk selanjutnya kita bisa menggunakan lem untuk menjadikannya sebuah Amplop. Pisau terbuat dari baja, jadi itu sangatlah tajam. Dalam membawa pisau ini diperlukan kehati - hatian, karena jika tidak akan melukai tangan Anda. 


Pada mesin Pond Pisau akan diletakkan berhadapan dengan kertas, seperti contoh diatas. Nanti kertas dan pisau akan diadu sehingga akan terjadi perpotongan sesuai dengan pisau yang sudah dibuat.

Kelemahan memotong dengan cara ini, jika untuk quanitity sedikit maka kita harus menanggung biaya buat pisaunya menjadi besar. Juga ongkos untuk memotongnya pun harus ditanggung sendiri. Jadi untuk quantity kecil memotong dengan cara begini akan menghasilkan pemborosan. 

Jika Quantity dibawah 100 mending dipotong sendiri mengguanakan cutter. Fabian Studio biasanya dalam membuat dumy sebuah bentuk, dikerjakan menggunakan cutter. Jika nanti sudah dalam quantity banyak baru kita akan membuat pisau, karena beban biayanya tertanggung oleh harga satuan sebuah cetakan. 



Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

12 comments

  1. mas cara hitung ongkosnya gimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin Pisau itu biasanya hitungan untuk ukuran A4 sekitar 15 ribuan, kalau memang bentuknya agak sulit maka biasanya PxLx500

      Salam kenal,
      Arie fabian

      Delete
  2. buat potong karton tebal bisa ga ya? semacam dupleks

    ReplyDelete
  3. malem gan, kalo pola box kira2 brpa yaah gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimensi dari box ukurannya berapa .. ?

      Delete
  4. mas bro, klo dimensi kotaknya 25×15 cm dg motif bunga mawar kira-kira berapa ya biaya buatnya?

    ReplyDelete
  5. Hallo mas Arie Fabian, saya mau nanya kalau untuk pembuatan 100pcs pemotongan board kira kira kisaran harga berapa ya mas untuk ongkos potong nya ajaa?

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  6. Hallo mas Arie Fabian, saya mau nanya kalau pembuatan 100pcs keatas kisaran harga berapa ya mas jika pakai board tebal untuk ongkos potongnya aja?

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga kisaran dari 500 ribu sampai 700 ribuan, itu sudah dihitung beserta dengan pisau dan pembuatan master untuk pisau

      Delete