Vendor Interior VS Vendor Both, Apa Bedanya ?

By June 03, 2016 ,


Pamer sedikit, desain untuk both BCA Insurance gue kemarin menang. Tapi bukan itu sih yang pengen gue bahas, melainkan lebih kearah produksi both itu sendiri. Gue bekerja sama dengan vendor both yang gue percaya sudah berjalan 3 tahun belakangan ini, jadi gue sering banget diskusi dengan mereka untuk permasalahan seputar produksinya. 

Yang kali ini gue tanya adalah, gue pengalaman dalam pengawasan pembuatan both, dan menurut gue ada beberapa pengrajin untuk katagori both pameran ini. Sebenarnya pengrajin ini memiliki spesialis yang berbeda-beda, seperti : ada pengrajin yang sering kita lihat menangani Kitchen Set, ada juga yang menangani interior dan yang terakhir yang menangani spesialis both-both pameran. 

Nah awal-awal pada saat 3 tahun yang lalu, gue mempercayakan pengerjaan both gue kepada spesialis Interior. Padahal kalau mau dilihat, apa yang mereka kerjakan hampir-hampir mirip dengan yang dikerjakan oleh pameran. Nah cuma yang gue bingung itu pasti hasilnya beda, mana tebak yang lebih bagus untuk pameran ? 

Yang lebih bagus untuk pameran yah tetap orang yang spesialis menangani both-both pameran. 

Kalau gue fikir, orang yang biasa mengerjakan interior harusnya memiliki tingkat detail yang lebih bagus dibandingkan dengan orang pengrajin untuk Both pameran itu sendiri. Dan vendor gue pun mengakuinya. 

Memang benar, kalau mencari tingkat detail, maka para pekerja yang biasa mengerjakan Interior jauh lebih baik dibandingkan dengan yang biasa mengerjakan pameran. 

Hasil pekerjaan pembuatan Fixture
Cuma pada saat kita menggunakan vendor Interior untuk Both pameran, hasilnya tidak sebagus vendor both yang membuatnya. 

Vendor Both Gue di Workshop
Nah ternyata dia menjelaskan bahwa waktulah penyebabnya. Kalau kita meminta atau memesan untuk pengerjaan Interior maka tenggat waktu selesai pengerjaannya tidak mungkin se-gila orang pameran. Sebagai contoh kemarin pada saat BCA Insurance, H-4 gue baru dikabarin kalau gue menang Pitching ternyata. 

Dan Vendor gue mengerjakan itu hanya dalam waktu 4 hari. "Coba lo kasih orang interior untuk mengerjakan dengan waktu 4 hari, maka hasilnya pasti tidak sama dengan yang kita kerjakan". 

Stock yang dimiliki oleh orang Interior pastilah sangat berbeda dengan yang dimiliki oleh vendor Both. Sebagai contoh, mereka (Vendor Both) sudah menyiapkan backdrop-backdrop yang biasa digunakan untuk pameran pada workshop mereka, sehingga dalam waktu 4 hari itu mereka tidak lagi mengerjakan pembuatan Backdrop-nya. 

Yang mereka (vendor both) lakukan biasanya tinggal mengecat warna sesuai pesanan atau memang jika itu ditempel sticker maka mereka tidak perlu mengecat ulang.


Berbeda dengan vendor Interior, mereka harus mengerjakan Backdrop itu terlebih dahulu dan semua Fixture (rak) untuk kebutuhan both pameran itu sendiri. Maka start awalnya saja sudah kalau jauh, maka hasil juga akan lebih maksimal kita menggunakan vendor both.

Nah sebenarnya perkara itulah yang membuat hasil menjadi berbeda. Untuk permasalahan hasil pasti memiliki tingkat penilaian yang berbeda-beda. Jika pengerjaan itu untuk both, maka Fixture tidak dilihat dengan detail walaupun ada beberapa yang meminta detail. Tapi sangat jarang sekali, pengerjaan Fixture pada both pameran sangat sulit sekali bentuknya berbeda dengan kebutuhan interior.

Vendor both juga kalau diminta mengerjakan pekerjaan untuk pembuatan material interior mikirnya juga masih agak lama dibandingkan dengan vendor untuk interior itu sendiri. Begitu juga dengan Kitchen Set, kalau mereka diminta untuk membuatkan material both pasti akan setengah mati adaptasinya, walau ada beberapa yang akhirnya bisa menjadi sebuah workshop yang multi talenta, alias bisa menguasai semuanya. Itulah informasi yang disampaikan oleh kawan Gue tersebut.

Lumayanlah, ngobrol sama banyak orang jadi nambah ilmu lagi. Karena memang dasarnya gue suka eksplorasi akan sesuatu, maka biasanya ada aja yang gue tanyain setiap ketemu dengan kawan-kawan gue yang satu profesi dengan gue.

Dan Alhamdulillahnya, gue gak pernah ketemu kawan yang ngumpet-ngumpetin apa yang gue mau tau, jadi gue bisa bagi-bagi juga deh di blog gue ini. Yuk sama-sama berbagi, enak loh, gue aja abis banyak nih ..... He he he ....







Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments