10 Keahlian yang dibutuhkan ditempat kerja Tahun 2020

By July 18, 2016 ,


Keahlian bukan selalu semata-mata pada kecerdasan semata. Dimana kalau menurut pengalaman gue pintar saja belum tentu cukup untuk bisa bersaing pada saat sekarang ini. Nah buat Anda yang ingin mengetahui, simak saja postingan gue kali ini. 

Mengutip dari world economy Forum dimana pada video dibawah ini dijelaskan 10 keahlian yang dibutuhkan untuk tahun 2020, dimana gue fikir ini memang banyak benarnya, maka kita bisa lihat pada videonya. 


10. Cognitive Flexibility 
 9. Negotiation 
 8. Service Orientation 
 7. Judgement & Decision Making 
 6. Emotional Intelegence
 5. Co-ordinating with Other 
 4. People Management 
 3. Creativity 
 2. Critical Thinking 
 1. Complex Problem Solving

Buat gue Video diatas sangat informatif sekali, dimana memang kita sudah seharusnya mau belajar untuk dapat menguasai 10 keahlian diatas. Karena memang peradaban sudah banyak berubah, cara yang kita lakukan juga harus mengikuti sesuai dengan kebutuhan zamannya. 

Gue sangat merasakan sekali kalau ini memang sudah terjadi, dimana orang pada saat ini tidak lagi berupaya untuk bisa menjadi pintar saja, melainkan harus mampu berkordinasi, menahan emosi, memberikan service yang baik, berfikir kreatif dan kritis serta memang mampu menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan tenang (tidak panik). 

Gue sangat salut ada beberapa orang-orang  yang mampu menyelesaikan masalah dengan tenang, sebanyak apapun masalahnya. Dia tetap mampu berkordinasi dalam keadaan seperti apapun, dan hasilnya yang gue lihat selalu baik untuk semua pekerjaannya. 
 
Memiliki Intelegential yang tinggi tidak dibarengi dengan emotional yang baik, maka biasanya tidak sedikit orang tersebut susah berkordinasi. Karena kebanyakan orang yang bekerja sama dengan dia akan merasa sangat terganggu sekali dengan emosionalnya. Dengan begitu kita akhirnya tidak dapat berkordinasi dengan yang lainnya, lalu akhirnya semuanya menjadi terkesan individualis. 
 
Tidak sedikit orang yang selalu tidak percaya kepada orang lain jika memang dia ingin menyerahkan pekerjaannya kepada teamnya. Terkesan apa yang team-nya lakukan tidak selalu dipercaya olehnya, dengan demikian maka biasanya team yang seperti ini tidak lama umurnya. Cara-cara seperti itu sudah tidak harus diterapkan lagi pada saat sekarang ini, dimana memang kita memang harus belajar percaya kepada team kita agar bisa menjadi satu kesatuan yang kuat (kalau menurut gue loh).  

Setidaknya itulah fungsinya koordinasi, memberikan kesempatan yang sama kepada orang lain untuk membantu menyelesaikan masalah yang kita miliki. Selalu berfikir positif dan tenang dalam menghadapi berbagai macam masalah. Dengan ketenangan tingkat dewa, maka biasanya keputusan yang diambilnya sangat bijaksana dan mampu menjadi win win solution untuk orang yang diajak diskusi bersama dia. 
 
Dan 10 keahlian diatas gue rasakan sangat-sangat diperlukan untuk menghadapi pernasaahan pada tahun-tahun kedepan. Agak sedikit multi talenta sih karena memang jujur saja, dari 10 keahlian diatas, jarang sekali kayaknya yang bisa memenuhi sepuluh-sepuluhnya. Yah minimal bisa menguasi 8 dari 10 itu ideal kalau menurut gue. 
 
Menurut Anda bagaimana ? 


Sumber : 



Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments