7 Referensi Software untuk Video Editor

By July 06, 2016 ,


Lagi musim Vlog (Video Blog), orang ramai-ramai membuat video untuk mengisi channel youtube mereka masing-masing. Ada yang langsung share channel Youtube mereka, ada juga yang di kaji ulang kembali lalu ditulis diblognya. Kali ini gue mau berikan refrensi 7 software editing video buat kalian mengolah video kalian biar ciamik, yuk simak tulisannya. 

Bicara software video editing, kalau gue pribadi yang pertama gue ingat adalah, Adobe Premiere. Jujur aja, gue kenalan sama software ini dari tahun 2005-an, kayaknya. Dimana icon dari software ini masih bergambar kuda berlari. Tapi konsistensi software ini sampai sekarang tetap juara, kalau menurut gue yah. 

1. ADOBE PREMIER 


Adobe premiere ini bisa diinstal pada Apple dan Windows. Dimana kalau gue rasakan dikedua platform ini sama saja rasanya. Tidak ada perbedaan dengan cara menggunakannnya, baik pada mac maupun pada windows.

Untuk keluaran videonya dalam bentuk Export banyak memiliki pilihan : Mov, 3Gp, Mpeg4, dan sebagainya. Memiliki banyak fitur efek, dan memang kalau elo suka dengan photoshop, untuk user interfacenya hampir-hampir miriplah.

Bisa editing Sound dengan menggunakan software ini (memotong Sound). Lalu pada saat play bisa real time, jadi kita bisa sesuaikan antara video dengan musiknya, apabila kita mengerjakan video project terpisah antara sound dan materinya.


2. FINAL CUT PRO


Software Final Cut Pro ini memang hanya bisa dinikmati oleh orang yang menggunakan Apple produk. Baik untuk i mac maupun Macbook. Software ini hampir sama dengan Premier, biasa juga sebagai standard digunakan untuk dunia Broadcast.

Software ini memiliki kelebihan banyaknya efek jika kita mengedit video kita dengan menggunakan Final cut Pro ini. Bisa editing sound juga sama seperti Adobe Premier. Kalau masalah user interface memiliki tingkat kesulitan yang medium lah.

Kekurangannya software ini, hanya bisa digunakan pada platform Apple saja, tidak ada untuk versi windowsnya.


3. COREL VIDEO STUDIO

Seperti tidak mau ketinggalan dari kompetitornya (adobe), Corelpun membuat software untuk editing video.

https://purchmarketplace.com/corel-videostudio-x9-download?&ICID=ttr-cid|98|pid|1139|pos|
Dengan beberapa fitur yang bisa Anda lihat diatas, corel ikut meramaikan seputar software untuk Video editing. Untuk melihat review-nya, Anda bisa klik pada gambar diatas. Corel Video Studio hanya bisa diinstal pada windows saja.

4. PINACLE STUDIO

http://www.pinnaclesys.com/publicsite/us/products/studio/standard/

Jujur aja, untuk software yang satu ini juga bukan merupakan pemain baru di Software Editing Video. Sebenernya beberapa tahun yang silam pun mereka sudah memulai menggarap software untuk video editing. Hanya saja memang ada beberapa fitur yang tidak selengkap dari Adobe, jadi gue belum pernah mencoba menggunakan software ini. Kalau hanya menginstall sudah pernah dan mencobanya, tapi seperti yang gue bilang diatas, ada beberapa fitur editing yang tidak ada di software ini.

Tapi mungkin untuk versi yang terbaru sudah terus diperbaiki, wong kenyataannya sekarang sudah Versi 19.5, berarti seharusnya sudah memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang pernah gue coba beberapa tahun yang silam.

Software ini hanya bisa diinstall pada windows saja, untuk melihat fitur-fitur lengkapnya, Anda bisa klik pada gambar diatas.

5. FILMORA WONDERSHARE

http://www.wondershare.net/ad/video-editor-win/filmora-dco.html?gclid=CPnY5Ii2qckCFc9gfgod4TYFVA&src=cj

Jujur gue juga belum pernah coba untuk yang satu ini, tapi kalau menurut beberapa kawan gue, mengedit video dengan menggunakan software ini sangat mengasyikan. Apalagi software ini memberikan Free copy alias gratis.

Didalam websitenya juga menjelaskan bahwa dengan menggunakan software ini, kita bisa melakukan editing Audio juga. Sudah hampir sama dengan Adobe Premier.

Untuk mengunduh software ini secara gratis dan melihat spesifikasi beserta fiturnya, Anda bisa klik pada gambar diatas.

6. POWER DIRECTOR

http://purchmarketplace.com/powerdirector-14-deluxe-download?&ICID=ttr-cid|98|pid|1137|pos|

Satu lagi refrensi dari kawan, yaitu Power Director. Sebuah Software Video Editor ini memang banyak menyediakan template dan effect. Anda bisa lihat pada copy disamping produknya diatas, mereka menyebutkan lebih dari 500 emezing template dan effect, luar biasa bukan.

Untuk melihat kelebihan dan spesifikasi software ini, Anda bisa klik pada bagian gambar diatas.

7. MOVIEPLUS

www.serif.com/movieplus/?source=USwebgains&siteid=75640&IsoCode=US&culture=en&&MC=WBGSER02

Software yang mengunggulkan bisa mengedit video HD ini merupakan software video editing yang mengklaim membuat video editing menjadi mudah. Itu berarti dengan video editing ini, maka para pemula pun seharunya mudah dalam menggunakan user interface yang mereka tawarkan.

Kurang lebihnya itulah 7 software yang gue refrensikan untuk Anda pada postingan gue kali ini. Walaupun ada software video editing yang memang bawaan dari Platform masing-masing seperti windwos movie maker dan i movie, itu sudah pasti Anda mengenalnya bukan ?

Gue cuma berikan 7 software yang mungkin bisa Anda coba untuk menggunakannya, karena memang kurang puas dengan software bawaan dari Platform Anda sendiri. Nah selamat mencobanya, jangan lupa kalau sudah mencoba, berikan komentar dibawah postingan gue ini, buat pengalaman pembaca lainnya.

Yang harus Anda ingat, baca terlebih dahulu spesifikasi yang dibutuhkan dari masing-masing software, jangan sampai Anda menginstall-nya dan ternyata PC atau macbook Anda tidak support. Memang, kalau dilihat diatas, lebih banyak yang bisa diinstal di windows dibandingkan di mac. Nanti postingan berikutnya gue akan coba cari yang untuk versi mac-nya banyakan.




Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

2 comments

  1. Very helpful suggestions that help in the optimizing website. Thank you for valuable suggestions.MoviePlus X6

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, salam kenal

      Delete