Creativity Digital ala Gue

By July 29, 2016 ,


Kenapa gue hobi menulis tentang Teknologi padahal yang gue jalani sehari-hari adalah seputaran dunia kreatif. Jawabannya adalah, kreatifitas yang asik itu harus diimbangi dengan teknologi, orang sekarang membuat desain saja sudah menggunakan teknologi kok, jadi yah harus diimbangi antara kreatif dan teknologi. 

Kalau semakin banyak mengenal teknologi maka kita akan bisa membuat sebuah implementasi kreatif lebih maksimal. Contoh dalam hal produksi, dimana kita bisa melihat, teknologi mesin untuk printing sudah sangat luar biasa canggihnya. 

Kalau jaman dulu, membuat ukiran kayu menggunakan tangan membutuhkan waktu lama, sekarang sudah bisa kita menggunakan mesin laser untuk cutting kayu itu secara langsung. Maka kita harus update agar bisa mengimplementasikan desain kita kedalam sebuah medium. 

Untuk Proses desain misalnya, kalau kita menggunakan software yang tepat, maka kita akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan bisa memaksimalkan waktu pengerjaan juga. Semuanya kuncinya ada di teknologi. 

Dan hampir disemua lini bisnis membutuhkan teknologi sekarang. Kita sudah tidak bisa tutup mata untuk tidak menghiraukan perkembangan teknologi, dimana kita melihat pesat kemajuan yang dibuat oleh kemajuan dari teknologi itu sendiri. 

Gue pernah berbincang dengan orang yang masih percaya kalau seni murni itu masih bisa bertahan. Dan biasanya orang-orang yang bergerak dibidang seni murni ini sanggat alergi dengan teknologi. Dengan Software misalnya, mereka lebih menyukai proses seni yang alamiah, dan orang yang gue ajak ngobrol kebetulan adalah om gue sendiri. Jadi gue tidak membicarakan orang lain loh yah. 

Nah kekurangannya dari om gue ini, ketika bicara masalah konsep, gue akuin, konsep yang diciptakan sangat dalam, tapi akhirnya hanya dia yang bisa mengimplementasikannya. Tapi ketika itu hendak diimplementasikan maka prosesnya jadi sangat sulit sekali, karena semua pengerjaannya jadi manual semuanya. 

Udah gak tahan dia bertahan di Industri kreatif saat ini, maka dia akhirnya lengser dan memilih bermain bersama pelukis. Yang sekarang dia menuangkan ekspresi kreatifnya melalui lukisan dan menjadi kurator seni khususnya lukisan. 

Kalau bicara salah dan benar tentunya gue dan om gue tidak ada yang salah. Cuma memang kita 2 generasi yang berbeda cara dalam mengekspresikan seni tersebut. Atau memang gue bisa dibilang gue ini kurang nyeni kali karena memang sudah banyak berfikir industri. Tapi apapun itu, gue paling seneng kalau ketemu dengan om gue yang satu ini. 

Selain nyentrik gayanya, dan beberapa konsep suka gue kulik-kulik dari dia. Lumayan coy, kuliah gratis dari pengalaman doi yang dulu pernah megang ida iasha untuk iklan Lux. Detail dan rapih banget kalau ngegarap Konsep, luar biasa dah.

Nah kembali kepada Creativity digital, kalau gue sendiri lebih suka membuat sesuatu dan merencanakan langsung diimplementasikan kedalam sebuah medium. Entah itu kertas, kayu, sticker, Billboard, Letter Sign dan medium yang lainnya. 

Untuk campur tangan teknologi kalau gue bilang banyak banget didalamnya. Karena memang semua berurusan dengan yang namanya mesin. Mulai dari mesin komputer, mesin jahit, mesin Cutting, Mesin Offset, mesin Digital Printing dan mesin-mesin yang lainnya. Hampir semua mesin gue kenali dengan baik. 

Tidak hanya kenal dengan mesin saja, gue biasanya kalau penasaran, gue harus tahu cara menjalankan mesin itu bagaimana, dia menerima file apa saja, dia memiliki kekurangannya apa, dan memiliki kelebihannya apa. Karena buat gue kalau gue tahu karakter dari mesin itu sendiri, maka gue bisa memaksimalkan desain yang gue buat. 

Bahkan untuk mengetahui mesin itu lebih dalam, sampai gue nekat kerja dikantor yang memiliki mesin tersebut. Agar gue bisa lihat lebih dekat dan lihat lebih jelas. Biasanya operatornya ramah-ramah kalau gue tanya proses, ataupun cara kerja dari mesin itu. Jadi gue bisa bertanya banyak tentang mesin yang sedang dijalankan oleh operatornya. 

Itu kenapa gue suka banget sama teknologi dan kreatif. Kalau menurut gue itu adalah satu kesatuan yang memang bisa memaksimalkan gue kerja. Jadi buat Anda yang senang berkunjung keblog gue pribadi, maka kedepannya lo cuma bisa melihat cerita pengalaman gue, hasil yang gue kerjakan, perkembangan teknologi dan seputaran tentang kreatif. 

Kalau memang tulisan gue salah baik huruf, grammar, dan yang lainnya harap dimaklumi yah, karena memang gue mau menulis apa yang gue suka lewat apa yang gue bisa. Mungkin pelan-pelan gue akan terus perbaiki sampai nantinya, penyampaian tulisan gue bisa bener-bener enak mungkin dibaca sama pembaca blog gue.

Terima kasih loh buat yang sudah mau berkunjung ke blog gue ini. Mudah-mudahan gue bisa terus memberikan informasi atau artikel yang bisa membawa manfaat bagi pembaca blog gue ini. Salam hangat selalu dari gue, Arie fabian. 



Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments