Membuat Website menggunakan Wordpress, Boleh Nggak ?

By July 28, 2016 , , ,


Tadi siang gue meeting sama client, lalu dia menanyakan sama gue, boleh gak sih membuat website komersial menggunakan Wordpress ?

Dan gue kembali bertanya sama dia, kenapa gak boleh. Dia pun menjawab, karena memang wordpress identik banget sama blog. Takutnya terkesan tidak profesional dan tidak serius. Karena memang image wordpress yang dia tahu itu adalah platform buat blogger. 

Wordpress ada dua, satu memang platform Blogger dan satu lagi adalah sebuah tools yang disediakan oleh Wordpress sendiri yang bisa dikembangkan menjadi website standard. Kalau menurut gue sih gak ada salahnya kok membuat website menggunakan Wordpress. Karena memang kalau bicara masalah budgeting wordpress bisa menekan biaya untuk pembuatan website. 

Menekan biaya bukan berarti murah loh, orang Indonesia biasanya kalau dibilang bisa menekan biaya nanti langsung nyebut harga sejuta, mana ada website untuk Perusahaan harganya sejuta, he he. 

Pada saat website dipublish, hampir tidak bisa dibedakan itu dibuat menggunakan Wordpress atau bukan, kecuali memang orang tersebut praktisi IT yah jelas bisa membedakan.

Coba tengok beberapa contoh website dibawah ini yang menggunakan Wordpress :



Sumber :
http://www.jurnalweb.com/website-universitas-indonesia-yang-dibuat-dengan-wordpress/

Nah kalau melihat tampilan diatas, kita sebagai orang awam tentu belum tentu bisa membedakan itu menggunakan wordpress atau bukan. Karena memang Engine CMS Wordpress saat ini sangat memudahkan client untuk bisa update sendiri websitenya.

Ada lagi contoh dibawah, website milik orang luar  :



Sumber :
http://www.dumetschool.com/blog/10-Contoh-Website-WordPress-Berkualitas

Tetap, wordpress hanyalah engine, dimana diperlukan keahlian lagi untuk membuat sebuah tampilan yang baik. Ada beberapa pengerjaan lagi didalamnya yang bisa membuat website yang berbasis wordpress itu menjadi maksimal.

Lalu pertanyaannya muncul lagi, kalau masalah keamanan ? 

Bicara masalah keamanan, kalau memang lo berencana website lo menyimpan data yang privacy seperti rekening orang lain, transaksi, dan lain-lainnya yah jangan menggunakan wordpress itu mah. Lebih baik memang merancang bangun website mulai dari infrastruktur layout, desain, cms dan security-nya sendiri.

Tapi kalau memang lo hanya preview portofolio dan tentang perusahaan lo doang apa yang mereka mau hack, jangan nantang-nantang hacker juga yah buat jebolin website lo, sekelas KPU aja waktu itu tetap jebol kok kalau nantang-nantangin mah.

Jadi kalau menurut gue sih, kalau memang lo mau buat sebuah website untuk perusahaan yang menampilkan about us, portofolio, contact us dan lain-lain, pakai wordpress sih aman-aman aja. Kalau memang ada beberapa data yang sangat privacy yang menurut lo sangat berharga banget, silahkan merancang dari awal dan saran gue jangan menggunakan Wordpress deh, karena memang riskan.

Jadi kalau dibilang salah, membuat website menggunakan Wordpress tidak ada salahnya. Cuma tinggal lo tentuin deh mau buat apa websitenya lo publish untuk umum. Ini kalau menurut gue loh yah, gue sih melihat, wordpress banyak membantu dalam Perusahaan untuk membuat website.





Salam Kreatif,
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments