Printing (Mencetak) Annual Report Nirvana

By July 17, 2016 , , ,


Pertama kali gue diminta buat mengerjakan buku ini, yang ada didalam otak gue adalah, CEO nya pasti suka Grunge nih. Nama Perusahaannya Nirvana, Gokil. 

Tapi apapun itu juga, buat gue tetap ini adalah pekerjaan yang harus gue selesaikan dengan baik untuk orang yang sudah percaya kepada gue dan kepada Fabian Studio. Maka langsung saja ini gue serahkan kepada team gue di Fabian Studio. 

Annual Report Printing
Beruntung, Konten dari buku ini bukan gue yang buat, atau bukan juga Fabian Studio yang buat. Jadi gue dan team hanya mengontrol kualitas dari cetakan dan kerapihannya saja. Kesulitan dalam mencetak buku seperti ini (Annual Report), terletak pada finishing jilid halamannya. 

Biasanya gue buat satu buku dulu dengan mencetak baik lewat printing atau digital printing, untuk panduan kepada team produksi di Fabian Studio. 

Annual Report Printing
Halaman perhalaman harus dicek kembali untuk meyakinkan kembali semua sudah bener. Proses finising untuk jilidnya, annual report ini menggunakan Lem Panas. 

Annual Report Printing
Untuk tingkat kesulitan dari pembuatan buku ini hampir tidak ada sih, kalau buat gue. Asal semua perencanaan pra-Printingnya teliti dilakukan. Karena memang mencetak buku biasanya mendapatkan perhatian khusus dari gue untuk proses printingnya. 

Proses pengerjaannya cukup banyak, mulai dari cetak (Cover dan Isi), Laminating, mengkomplit (menata halaman satu persatu), Jilid, dan terakhir adalah sisir (proses potong untuk merapihkan buku). Nah maka dari itu Pra-cetaknya memang harus dibuat sedemikian baik agar bisa meminimalisir kesalahan yang akan terjadi. 

Proses pembuatan buku ini untuk  printing 500 buku biasanya gue berikan waktu pengerjaan 7 hari kerja alias satu minggu deh. Dan Alhamdulillah semuanya berjalan sesuai dengan rencana. 



Salam Kreatif, 
Arie fabian

You Might Also Like

0 comments